Mata

3 Jenis Contact Lens yang Perlu Anda Ketahui

KlikDokter, 02 Jul 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda pengguna contact lens? Atau Anda berminat untuk menggunakan lensa kontak dalam waktu dekat? Maka beberapa info jenis-jenis lensa kontak berikut ini dapat berguna bagi Anda bersama dr. Nadia Octavia disini

3 Jenis Contact Lens yang Perlu Anda Ketahui

Klikdokter.com – Anda pengguna contact lens? Atau Anda berminat untuk menggunakan lensa kontak dalam waktu dekat? Maka beberapa info jenis-jenis lensa kontak berikut ini dapat berguna bagi Anda.

Pada prinsipnya hanya terdapat 3 jenis contact lens. Yaitu:

-          Soft Contact Lenses

-          Hard Contact Lenses

-          Specialize Contact Lenses

Lensa kontak macam apa yang hendak Anda gunakan? Lengkapi pengetahuan Anda disini.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 Jenis Contact Lens yang Perlu Anda Ketahui

Klikdokter.com – Anda pengguna contact lens? Atau Anda berminat untuk menggunakan lensa kontak dalam waktu dekat? Maka beberapa info jenis-jenis lensa kontak berikut ini dapat berguna bagi Anda.

Pada prinsipnya hanya terdapat 3 jenis contact lens. Yaitu:

-          Soft Contact Lenses

-          Hard Contact Lenses

-          Specialize Contact Lenses

Lensa kontak macam apa yang hendak Anda gunakan? Lengkapi pengetahuan Anda disini.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1. Soft Contact Lenses atau Lensa Kontak Lunak

Soft contact lenses merupakan jenis lensa kontak yang paling digemari dan digunakan untuk mengoreksi berbagai masalah mata seperti:

·         Rabun jauh (miopi)

·         Rabun dekat (hipermetropi)

·         Astigmatisma

·         Presbiopi

Lensa kontak ini mengikuti bentuk mata, lebih nyaman dan cenderung berada pada posisi yang statis. Oleh karena itu, lensa kontak jenis ini merupakan pilihan yang dianjurkan jika Anda adalah pribadi yang aktif ataupun senang berolahraga.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2. Hard Contact Lenses

Lensa kontak jenis ini memberikan pandangan yang lebih jelas dan lebih tajam pada beberapa masalah mata tertentu, terutama jika Anda sudah mencoba menggunakan soft contact lenses dan tidak puas dengan hasilnya.  

Sirkulasi udara pada hard contact lenses seringkali lebih baik daripada soft contact lenses sehingga dapat mengurangi resiko infeksi.

Dibutuhkan waktu hingga 1 minggu untuk dapat beradaptasi dengan lensa kontak ini karena lensa kontak jenis ini seringkali berpindah posisi.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3. Lensa Kontak Jenis Khusus

Berikut ini ada beberapa lensa kontak yang memiliki jenis khusus, diantaranya:

·    Hybrid contact lenses

Hybrid contact lenses memiliki fitur pusat lensa yang keras (permeabel terhadap udara) dikelilingi dengan lapisan yang lunak. Lensa kontak jenis ini biasanya dipilih jika Anda memiliki masalah dengan kurvatura kornea yang ireguler (keratoconus).

·   Bifocal or multifocal contact lenses

Lensa kontak ini, tersedia dalam bentuk lunak dan keras, dapat mengkoreksi berbagai kelainan seperti: miopi, hipermetropi, presbiopi dan astigmatisma. 

·    Tinted contact lenses

 Lensa kontak jenis ini (digunakan sebagai fungsi kosmetik atau terapeutik) digunakan untuk meningkatkan persepsi warna dan membantu kompensasi pada penderita buta warna.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO

 
Ditulis oleh
dr. Nadia Octavia
Anggota Dewan Redaksi Medis 
Klikdokter.com 
Perawatan matakontak lensaContact Lenses

Konsultasi Dokter Terkait