Mata

Makan Ikan Bisa Bikin Mata Lebih Sehat

Tim Redaksi KlikDokter, 02 Jul 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda ingin mata tetap tajam di usia tua? Makanlah ikan. Pasalnya ada penelitian yang menyebutkan ternyata makan ikan bisa membantu menekan risiko penyakit mata. Disini selengkapnya.

Makan Ikan Bisa Bikin Mata Lebih Sehat

Klikdokter.com – Ada penelitian yang menyebutkan terdapat hubungan erat antara makan ikan teratur dapat menekan risiko mengalami risiko penyakit Age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula. Makula adalah pusat dari retina dan merupakan bagian yang paling vital dari retina.

Seiring dengan penuaan, fungsi mata kian menurun. Dalam medis, kondisi ini disebut dengan Age-related macular degeneration (AMD). Dimana penglihatan berangsur-angsur menurun atau bahkan penglihatan menurun dengan signifikan.

Penelitian yang diterbitkan di Brigham and Women’s Hospital and Harvard Medical SchooldiBoston mengumpulkan data dari 38.022 perempuan, yang tidak pernah didiagnosis AMD. Salah satu penulisnya, William G. Christen, meskipun demikian, mereka mengatakan bahwa data pengamatan mereka masih dalam uji acak, sehingga perlu konfirmasi lebih lanjut lagi.

Penelitian ini meneliti tentang kebiasaan makan dari para partisipan penelitian, dan melalui pengumpulan data yang dipantau selama 10 tahun terakhir. Hasilnya, wanita yang mengonsumsi banyak asam lemak Omega-3 yang notabene banyak dimiliki pada ikan memiliki risiko 38 persen lebih rendah mengalami AMD dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit asam lemak Omega-3. (Baca: 5 Nutrisi untuk Kesehatan Mata)

Christen dan kawan-kawan mengatakan bahwa resiko lebih rendah ini tampaknya disebabkan karena mengonsumsi ikan tuna dan dark-meat fish. Selain itu peneliti juga menemukan sebuah saran bahwa konsumsi yang lebih tinggi dari salah satu asam lemak Omega-6 (linoleic acid) dimungkinkan sebenarnya meningkatkan risiko terkena AMD, meskipun demikian para peneliti tidak menelitinya lebih lanjut.

Sedikitnya 9 juta US orang dewasa di atas usia 40 telah mengalami beberapa tahap penyakit mata ini. Sebagian besar merupakan bentuk dari tahap awal penyakit, sementara 1,7 juta di antaranya telah mengalami tahap penyakit lebih lanjut yang mengakibatkan kehilangan penglihatan yang fatal. 

“Minyak ikan, yaitu asam lemak Omega-3 yang ditemukan pada ikan, telah lama dianggap dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung juga mempunyai manfaat yang signifikan dalam pencegahan utama dari penyakit mata AMD di antara para wanita yang tidak terdeteksi atau tidak terdeteksi tanda-tanda awal dari penyakit, dan belum didiagnosis dengan penyakit AMD.” lanjutnya.

Penelitian ini dipublikasikan secara online  di Archives of Ophthalmology ini menunjukan orang yang makan ikan dapat menekan risiko kondisi penuaan mata dikemudian hari. Penelitian serupa yang menunjukan hal yang senada juga dilaporkan di Jurnal Archives of Ophthalmology dalam bentuk cetak di bulan Juni 2009 lalu. Jadi, Anda ingin mata tetap tajam di usia tua? Yuk makan ikan. (Baca: 8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut)

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](DA)

 

Age-Related Macular DegenerationNutrisi Untuk Mata

Konsultasi Dokter Terkait