Sukses

4 Kiat Puasa Lancar Bebas dari Anemia

4 Kiat Puasa Lancar Bebas dari Anemia. Saat mulai memasuki bulan puasa, biasanya kita sudah bersiap-siap berbelanja bahan makanan. Tapi jangan asal berbelanja makan enak saja, karena tubuh kita perlu makan makanan yang sehat untuk mendukung ibadah-ibadah

Klikdokter.com - Saat mulai memasuki bulan puasa, biasanya kita sudah bersiap-siap berbelanja bahan makanan. Tapi jangan asal berbelanja makan enak saja, karena tubuh kita perlu makan makanan yang sehat untuk mendukung ibadah-ibadah Anda selama bulan puasa, khususnya untuk mereka yang menderita anemia.

Anemia adalah kondisi di mana terjadi penurunan jumlah sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika anemia, tubuh akan menjadi mudah lelah, pucat, dan pusing hingga penglihatan menjadi berkunang-kunang. Gejala anemia ini akan bertambah berat bila kita berpuasa karena kurangnya asupan makanan yang bernutrisi untuk menjawab kebutuhan produksi sel darah merah. Kalau sudah mengalami gejala anemia di bulan puasa, suka tidak suka konsekuensinya jadi dapat membatalkan ibadah puasanya. Nah, supaya puasa tidak ‘bolong’ alias lancar dan bebas dari anemia, ikuti langkah-langkah mudah ini untuk mencegahnya:
  1. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi
    Zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Makanya, saat sahur dan buka, khusus penderita anemia disarankan mengkonsumi makanan sumber zat besi seperti hati, daging, kuning telur, tempe, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran yang berwarna hijau tua. Minum juga susu yang diperkaya protein, vitamin, dan mineral.
  2. Sering makan makanan peningkat kadar sel darah merah
    Nutrisi untuk meningkatkan kadar sel darah merah dapat ditemukan di ikan, daging, dan juga sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin dan kalsium, seperti bayam, buah bit hijau, brokoli, dan jenis sayuran hijau lainnya.
  3. Hindari kopi dan teh
    Kedua minuman ini memiliki kafein yang dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kafein yang menghambat penyerapan zat besi tidak hanya di dua minuman ini, bisa juga dari minuman berenergi dan asupan yang berkafein lainnya.
  4. Konsumsi suplemen penambah darah
    Salah satu suplemen penambah darah yang teruji klinis dan terbuat dari bahan alami adalah Sakatonik Liver yang mengandung semua vitamin dan mineral lengkap seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat untuk pembentukan sel darah merah.
Jadi selamat beribadah puasa tanpa anemia. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](HM/DA)

0 Komentar

Belum ada komentar