Pernapasan

Mencegah Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut atau Flu Singapura

Tim Redaksi KlikDokter, 02 Jun 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mencegah Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut atau Flu Singapura. Flu Singapura atau dalam medis akrab dikenal dengan sebutan hand, foot and mouth disease (penyakit kaki,tangan dan mulut/HFMD).

Mencegah Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut atau Flu Singapura

Klikdokter.com – Flu Singapura atau dalam medis akrab dikenal dengan sebutan hand, foot and mouth disease (penyakit kaki,tangan dan mulut/HFMD). Penyakit yang merupakan hasil dari infeksi virus yang akut ini disebabkan oleh virus famili Picornaviridae dari genus Enterovirus.

Virus penyebab penyakit ini sangat mudah sekali menular melalui udara (airborne disease). Terutama jika virus ini mendapatkan kontak dengan luka di kulit atau mendarat di cairan (sekresi) tubuh, seperti ludah, air mata atau hidung.

Virus ini memiliki masa inkubasi selama 3 hingga 6 hari, lalu pasien akan muncul gejala nyeri menelan. Diikuti serangkaian gejala lainnya seperti:

  • HFMD ditandai dengan demam mendadak tinggi
  • Muncul lesi (luka) kulit yang khas dengan atau tanpa sariawan di mulut.
  • Lesi (luka) kulit dapat berbentuk:o   Papulovesikel (benjolan), o   Makular (bercak),o   petikeal (bintik merah seperti gejala DBD),o   vesikuler (bentol-bentol kecil), o   urticarial (bentol-bentol kemerahan yang hilang-timbul) pada telapak tangan, telapak kaki, ataupun keduanya. Dapat juga muncul di area pantat, lutut atau siku, lebih sering terjadi pada anak-anak kecil dan bayi.

Karena sangat mudah penularannya, sangat penting langkah pencegahan penyakit ini untuk dilakukan. Terutama jika Anda sedang berencana bepergian untuk liburan maupun dinas keluar kota, dimana sangat rentan penularan yang ada di tempat keramaian dan pertemuan banyak orang dari berbagai lokasi, yakni seperti bandara udara ataupun terminal pelabuhan maupun stasiun kereta dan terminal bis.

Untuk pencegahannya penyakit ini, hal yang dapat dilakukan adalah :

  • Jagalah higienitas dengan baik dengan cara rajin mencuci tangan. Cucilah tangan sesuai dengan cara yang baik dan benar, yakni:- Dengan air bersih mengalir- Menggunakan sabun- Basuh dan cuci tangan selama sedikitnya 20 detik. 
  • Mencuci mainan atau barang yang sudah terkena air ludah penderita.
  • Bila batuk atau bersin ditutup.
  • Mengisolasi anak yang terinfeksi.
  • Mengidentifikasi daerah dimana ada kejadian anak HFMD dengan komplikasi atau kematian.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA/EA)

Pencegahan Penyebaran Mikro-OrganismeMencegah Penyakit TanganKaki Dan Mulut Atau Flu Singapura

Konsultasi Dokter Terkait