Sukses

Sering Kena Matahari, Kulit Cepat Keriput

Seiring bertambahnya usia maka kulit manusia akan menjadi keriput, timbul bercak kecoklatan, dan kadang terlihat kusam. Saat ini tak hanya wanita, pria pun ingin memiliki kulit yang kencang dan awet muda. Pajanan sinar matahari merupakan salah satu penye

Klikdokter.com - Seiring bertambahnya usia maka kulit manusia akan menjadi keriput, timbul bercak kecoklatan, dan  kadang terlihat kusam. Saat ini tak hanya wanita, pria pun ingin memiliki kulit yang kencang dan awet muda. Pajanan sinar matahari merupakan salah satu penyebab kerusakan kulit yang pada akhirnya menyebabkan penuaan dini. Photoaging merupakan istilah yang menggambarkan proses kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sampai saat ini belum ada terapi jitu yang dapat menghentikan proses penuaan kulit. Proses penuaan merupakan proses alami yang pasti akan terjadi pada setiap insan manusia. Walaupun demikian, Anda bisa memperlambat proses penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Yuk, kita kenal lebih jauh tentang photoaging dan pencegahannya.

Apa itu Photoaging?

Photoaging adalah efek pajanan sinar matahari (sinar ultraviolet) yang dapat menimbulkan kerusakan kulit. Sinar ultraviolet dapat diserap oleh molekul kulit dan menghasilkan zat berbahaya, bernama reactive oxygen species (ROS). ROS dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Paparan sinar matahari terus-menerus juga dapat merusak materi genetik di dalam kulit yang bernama DNA. DNA adalah bagian sel yang mengontrol kegiatan sel, sehingga jika DNA rusak maka terjadi gangguan perkembangan sel yang dapat berakibat terjadinya tumor.

Apa akibat dari paparan sinar matahari terus-menerus?

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti kulit kering, warna kulit yang tidak merata, pucat, kulit menjadi lebih kendur dan bahkan kasar. Tentu saja keluhan ini terjadi pada seorang yang terpapar sinar matahari secara terus menerus.

Paparan sinar matahari juga berpotensi menyebabkan luka bakar. Anda jangan membayangkan luka bakar akibat sinar matahari seperti luka bakar akibat bahan kimia atau akibat terbakar api. Luka bakar akibat sinar matahari biasanya bersifat dangkal, walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi luka yang lebih dalam.

Bagaimana pencegahan Photoaging?

Lebih baik mencegah daripada mengobati! Penuaan secara alamiah tidak dapat dihindari, namun penuaan dini akibat photoaging dapat dicegah. Photoaging diakibatkan oleh paparan sinar matahari terus-menerus, maka salah satu cara pencegahannya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari.

Apabila anda akan melakukan kegiatan diluar rumah, Anda dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari secara fisik dan kimia. Anda dapat menggunakan topi, baju lengan panjang atau payung untuk melindungi anda dari pajanan sinar matahari. Selain itu anda juga dapat menggunakan tabir surya 30 menit sebelum Anda berpergian. Tabir surya tersedia dalam berbagai kekuatan yang disimbolkan dengan satuan SPF. Kebutuhan kekuatan tabir surya berbeda tergantung dari kondisi kulit dan keadaan matahari di tempat tersebut. Secara umum, tabir surya 15 SPF cukup untuk melindungi kulit anda dari pajanan sinar matahari.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

Baca juga:

 

Ditulis oleh:

dr. Alvin Nursalim 

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com

0 Komentar

Belum ada komentar