HomeInfo SehatGigi MulutBeberapa Kelainan Lidah yang Biasa Terjadi
Gigi Mulut

Beberapa Kelainan Lidah yang Biasa Terjadi

Tim Redaksi KlikDokter, 14 Mei 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Inilah beberapa kelainan lidah yang biasanya muncul terjadi pada kasus kesehatan gigi dan mulut. Simak selengkapnya bersama drg. Arni Maharani disini.

Beberapa Kelainan Lidah yang Biasa Terjadi

Klikdokter.com - Lidah merupakan salah satu bagian penting dalam rongga mulut dengan berbagai macam fungsi, seperti  membantu dalam berbicara, pengunyahan, pengecapan dan membantu dalam sistem pencernaan.  Dan lidah pun tidak luput dari serangan berbagai macam penyakit, infeksi  dan kelainan yang ditimbulkan oleh berbagai macam hal, meliputi infeksi jamur, kanker, trauma, kebiasaan tertentu dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa kelainan pada lidah yang umumnya terjadi:

Merupakan suatu keradangan jinak pada lidah tanpa disertai gejala tetapi pada beberapa orang yang mengalami ini terdapat keluhan rasa sensitif terhadap makanan yang panas serta berbumbu tajam juga terdapat rasa seperti terbakar pada lidah. penyebabnya tidak diketahui dan bisanya terdapat pada bagian atas (dorsal) dan samping lidah (lateral) dengan bentuk lesi yang berubah-ubah dan dapat hilang timbul pada bagian lain dari lidah. (Baca: Kok Mulut Saya Seperti Terasa Terbakar?)

Beberapa Kelainan Lidah yang Biasa Terjadi

2. Fissure tongue

Kelainan pada lidah yang penyebabnya belum diketahui dan dikaitkan dengan faktor keturunan. Keadaan ini dapat terlidah pada bagian atas lidah berupa fissure-fissure atau grove yang bervarasi jumlah serta ukurannya.  Keadaan ini merupakan suatu keadaan jinak dan tidak memerlukan perawatan khusus, melainkan harus diperhatikan kebersihan pada bagian lidah yang terdapat fissure atau grove tadi, karena pada bagian tersebut dapat terselip sisa makanan yang menyebabkan iritasi ringan.

3. Median Rhomboid glossitis

Merupakan infeksi kronis yang disebabkan oleh jamur rongga mulut. Terdapat bercak pada lidah dan  kehilangan papilnya yaitu papil filiformis dan bagian tersebut berwarna kemerahan dengan permukaan yang halus dan berbeda dari permukaan sekitarnya.

Beberapa Kelainan Lidah yang Biasa Terjadi

4. Traumatic Injury

Keadaan ini pada umumnya disebabkan oleh karena tergigitnya lidah, namun dapat juga disebabkan oleh luka karena gigi tiruan, akar gigi dan obat-obatan yang dapat melukai lidah. Luka/ulkus yang terjadi dapat sembuh dalam waktu 7-10 hari apabila faktor penyebab telah disingkirkan. Rasa sakit yang timbul dapat diatasi dengan obat yang mengandung kortikosteroid.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

 

Masalah Gigi & MulutKelainan Lidah

Konsultasi Dokter Terkait