Sukses

Ada Apa Dengan Kolesterol dan Diabetes?

Kolesterol dan diabetes, dua penyakit ini begitu populer diperbincangkan di tengah masyarakat, tetapi siapa sangka dua penyakit pembunuh ini ternyata memiliki kaitan satu sama lain

Oleh: dr. Adithia Kwee

Klikdokter.com - Kolesterol dan diabetes, dua penyakit ini begitu populer diperbincangkan di tengah masyarakat, tetapi siapa sangka dua penyakit pembunuh ini ternyata memiliki kaitan satu sama lain.

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya risiko untuk meningkatnya nilai kolesterol juga bertambah, dan untuk itu semua lapisan masyarakat sudah tahu solusinya, minumlah obat statin secara teratur, kolesterol pun turun seketika. Mudah, murah, aman, setidaknya itu yang selama ini dianut masyarakat luas, tidak heran obat statin menjadi jajanan tetap sebagian besar orang.

Sebuah studi di Kanada baru-baru ini menguak suatu fakta yang datang bagaikan petir di siang bolong. Penggunaan statin setidaknya selama 4 tahun, meningkatkan risiko untuk timbulnya penyakit diabetes, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi obat statin sama sekali. Obat statin yang dimaksud dalam hal ini terutama jenis atorvastatin, rasuvastatin, dan simvastatin. (Baca: Kolesterol)

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi. Kerja obat statin ternyata memberi dampak negatif pada pengeluaran insulin, hormon yang bertugas mengubah gula menjadi cadangan makanan. Jika kerja insulin tidak optimal, gula dalam darah tidak terkontrol dan akhirnya berkembanglah kondisi diabetes pada tubuh(Baca: Kolesterol)

Dari fakta ini kita kembali diingatkan, obat tidaklah selalu bisa kita jadikan solusi bagi gaya hidup kita yang tidak sehat, karena di balik khasiat obat, selalu ada konsekuensi yang harus kita tanggung. Bangun gaya hidup yang sehat dari hari ini, supaya anda tidak perlu terperangkap dalam masalah ini. (Baca: Kolesterol)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)

BACA JUGA

0 Komentar

Belum ada komentar