Diabetes

Inilah 6 Komplikasi Diabetes yang Paling Banyak Terjadi

Tim Redaksi KlikDokter, 11 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa saja komplikasi diabetes yang dapat ditemui, mari kita lihat satu per satu oleh dr. Alvin Nursalim disini.

Inilah 6 Komplikasi Diabetes yang Paling Banyak Terjadi

Klikdokter.com - Diabetes merupakan penyakit akibat kegagalan sel pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin merupakan hormon yang penting dalam memasukkan gula ke dalam sel tubuh. Akibat minimnya jumlah insulin tubuh, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan peningkatan gula darah. Peningkatan gula darah dapat merusak dinding pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan berbagai komplikasi pada berbagai organ. Apa saja komplikasi diabetes yang dapat ditemui, mari kita lihat satu per satu.

  1. Retinopati DiabetikPada kelainan ini pembuluh darah mata akan lebih rentan pecah dan berdarah. Darah yang berakumulasi pada retina mata akan menganggu fungsi retina dalam menerima stimulasi cahaya. Hal ini akan menyebabkan penurunan penglihatan mata secara perlahan.
  2. Nefropati DiabetikKomplikasi ginjal merupakan salah satu komplikasi yang umum ditemui. Ginjal yang rusak tidak dapat menahan protein tubuh sehingga akan keluar melalui urin. Protein dalam urin merupakan tanda awal dari kerusakan ginjal. Pada tahap akhir, pasien dengan gangguan ginjal yang tidak ditangani dengan baik akan menderita gagal ginjal. Gagal ginjal adalah keadaan dimana ginjal mengalami penurunan fungsi ginjal dan berbagai materi beracun dapat terkumpul dalam tubuh kita.
  3. Penyakit Jantung KoronerKerusakan pembuluh darah pada jantung dapat menyebabkan sumbatan aliran darah. Sumbatan aliran darah dapat menyebabkan kerusakan otot jantung. Penyempitan aliran darah dapat menyebabkan serangan angina, yaitu nyeri dada akibat tersumbatnya pembuluh darah.
  4. Penyakit Pembuluh Darah OtakDiabetes dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah otak. Hal ini dapat menyebabkan serangan stroke, dimana penderita mengalami penurunan kekuatan otot tubuh, kelumpuhan atau penurunan kesadaran.
  5. Neuropati DiabetikPasien dengan neuropati diabetik akan mengalami keluhan kesemutan atau perasaan seperti baal pada bagian tubuh tertentu. Hal ini dapat menyebabkan individu dengan gangguan neuropati rentan terkena luka pada kaki yang tidak terdeteksi karena minimnya rasa sakit.
  6. Penyakit Pembuluh Darah PeriferPembuluh darah perifer berfungsi mengalirkan darah ke berbagai bagian tubuh. Sayangnya pembuluh darah perifer pada penderita diabetes mengalami kerusakan, sehingga aliran darah tidak optimal. Kelainan pembuluh darah perifer, bersama dengan neuropati diabetik, dapat menyebabkan luka pada kaki yang sulit sembuh.

Itulah berbagai komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai. Berbagai komplikasi ini dapat dicegah dengan pemantauan gula darah yang baik dan deteksi dini pada penderita diabetes sebelum terjadinya komplikasi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

komplikasi diabetesApa Itu Diabetes

Konsultasi Dokter Terkait