Sukses

Mari Beralih Ke Gandum

Pengamat menjanjikan, masyarakat Indonesia akan memiliki tingkat kesadaran yang lebih tinggi akan kesehatan pada tahun 2014, hal ini memang sudah terasa di sekitar kita, orang mulai memilih beras merah ketimbang beras putih, madu ketimbang gula pasir, rot

Klikdokter.com - Pengamat menjanjikan, masyarakat Indonesia akan memiliki tingkat kesadaran yang lebih tinggi akan kesehatan pada tahun 2014, hal ini memang sudah terasa di sekitar kita, orang mulai memilih beras merah ketimbang beras putih, madu ketimbang gula pasir, roti gandum ketimbang roti putih. Agar Anda tidak ketinggalan, mari simak khasiat salah satu makanan sehat berikut ini.

Gandum atau dalam bahasa Inggris disebut oat dapat Anda dapatkan dengan mudah di mana saja, dan diplastik bungkus oat mereka seringkali mencantumkan “turunkan kolesterol dengan meminum oatmeal”, benarkah pernyataan itu?

Jawabnya Adalah, Iya.

Pada dasarnya semua makanan yang melalui usus akan berikatan dengan asam empedu untuk membantu proses pencernaan, asam empedu ini nantinya akan dikembalikan ke kantung empedu setelah selesai dipakai. Perbedaan pada gandum, kadar serat yang sangat tinggi di gandum membuat mereka menjadi posesif terhadap asam empedu tadi, sehingga gandum mengikat kuat asam empedu hingga makanan kita siap dikeluarkan sebagai kotoran.

Mungkin Anda Bertanya, “Lalu apa hubungannya dengan kolesterol?”

Kolesterol adalah bahan baku pembuatan asam empedu, sehingga ketika tubuh kehilangan asam empedu yang diikat gandum, tubuh membuatnya kembali, dan sebagai bahan baku, kolesterol diambil dari darah, akibatnya kadar kolesterol darah kita turun. Kini sudah jelas kan? Mari hidupi hidup sehatmu!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK

 

Baca juga:

 

Ditulis oleh:

dr. Adithia Kwee

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

0 Komentar

Belum ada komentar