Sukses

Inilah 6 Tips Gigi Sensitif

Inilah 6 Tips Gigi Sensitif. Apakah Anda pernah merasakan gigi ngilu? Atau jangan-jangan Anda selalu mengalaminya setiap hari? Keadaan gigi ngilu merupakan kejadian yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. 1 dari 7 dari pasien me

Klikdokter.com - Apakah Anda pernah merasakan gigi ngilu? Atau jangan-jangan Anda selalu mengalaminya setiap hari? Keadaan gigi ngilu merupakan kejadian yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. 1 dari 7 dari pasien mengeluhkan giginya yang ngilu. (data dari : JITEKGI 2006,3 (1)105-108. “Penatalaksanaan Dentin Hipersensitif”)

Gigi ngilu atau gigi sensitif yang dalam bahasa kedokterannya disebut hipersensitif dentin  banyak dialami oleh orang dewasa, cakupannya bisa hanya pada satu gigi atau lebih.  Faktor penyebab terjadinya gigi sensitif adalah terbukanya dentin sehingga rangsangan dari makanan dan minuman dapat langsung masuk melalui tubuli dentin yang berhubungan dengan serabut syaraf gigi dan menimbulkan gigi  sensitif. Rangsangan yang sering memicu  gigi sensitif  biasanya didapat dari makanan dan minuman yang dingin, panas, asam dan manis, yang dapat menimbulkan  ngilu sesaat dengan intensitas ngilu ringan sampai ngilu yang cukup menusuk. Terbukanya dentin (lapisan di bawah email gigi) disebabkan oleh 3 faktor erosi, atrisi dan abrasi, yang ke 3 nya ini dipengaruhi oleh pola makan, pemakaian gigi, kebiasaan buruk bruxism (bruxism adalah kebiasan buruk menggesek-gesekkan gigi rahang atas dengan rahang bawah yang biasanya dilakukan pada saat tidur malam hari tanpa disadari -Red) dan kesalahan dalam menyikat gigi.

Berikut adalah tips dalam merawat gigi sensitif dan upaya mencegah kerusakan yang lebih lanjut:

  • Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, kandungan dalam pasta gigi ini seperti  hydroxyapatite (HAP), potassium citrate, sodium monofluorophospate dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik dan mengoptimalkan proses remineralisasi pada gigi.
  •  Kurangi dan hindarilah makanan dan minuman yang bersifat asam dan mengandung soda .

  • Hindari juga kebiasaan menahan makanan dan minuman yang bersifat asam berlama-lama di mulut. Contohnya seperti menahan minuman soda dan kopi dalam mulut lebih lama, mengisap-hisap buah asam seperti jeruk dan biji mangga. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya erosi pada gigi yang mencetuskan kondisi gigi sensitif.

  • Gunakanlah sikat gigi dengan ujung kepala kecil, membulat serta berbulu lembut, sikatlah gigi dari arah gusi ke gigi dengan tekanan ringan agar tidak menyebabkan   penurunan gusi dan gigi sensitif.

  • Menghentikan kebiasaan buruk menggertakan gigi atas dan bawah dan jika kelainan ini semakin parah dan tidak dapat dikontrol, dapat dikonsultasikan ke dokter untuk dibuatkan night guard untuk melindungi gigi dari gesekan non fungsional saat malam hari

  • Hindari menyikat gigi segera setelah makan atau minum sesuatu yang bersifat asam dan minuman bersoda, tunggu setengah sampai 1 jam.

  • Konsultasi ke dokter gigi apabila rasa ngilu pada gigi masih menetap setelah penggunaan pasta gigi untuk mencari apakah gigi ngilu disebabkan gigi sensitif atau ada penyebab lain yang lebih parah

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

0 Komentar

Belum ada komentar