Sukses

8 Tips Cegah Eksim Pada Anak

8 Tips Cegah Gatal Pada Anak. Eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita, kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak n

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Klikdokter.com - Eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita, kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada buah hati Anda.

  1. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika.

  2. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur.

  3. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tanpa pengharum.

  4. Gunakan pelembab. Kulit yang kering lebih mudah mengalami eksim atau menjadi terinfeksi dengan bakteri atau virus. Gunakan krim sesuai anjuran dokter untuk menjaga kulit tetap halus dan lembab.

  5. Bantu anak berhenti menggaruk. Salah satu masalah yang besar pada anak dengan eksim adalah keinginan untuk menggaruk kulit yang kemudian dapat berdarah atau terinfeksi. Ajari anak untuk tidak menggaruk dengan cara memegang lengan erat-erat. Jaga agar kuku anak tidak terlalu panjang.

  6. Perhatikan makanan anak. Eksim biasanya muncul saat bayi berusia sekitar 6 bulan dan pada 10% kasus, pencetusnya adalah susu, telur, coklat, kacang-kacangan, serta pewarna makanan.

  7. Jaga agar anak tidak kepanasan. Panas dapat membuat kulit terasa lebih gatal. Setelah aktivitas renang, mandikan anak agar klorin yang dapat mengiritasi kulit terbilas.

  8. Senantiasa untuk tanamkan nilai-nilai kebersihan kepada anak Anda. Dampingi untuk mencuci tangan bersama setiap hendak makan atau setelah beraktivitas diluar.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami. Apakah buah hati Ibu menderita eksim? Apakah ada masalah dalam mengatasinya? Mari berbagi di sini.[](PNA)

 

Baca juga:

 

0 Komentar

Belum ada komentar