Sukses

Berbahayakah Pasta Gigi dengan Fluoride?

Pasta Gigi dengan Fluoride, Berbahayakah? Pasta gigi yang digunakan sehari-hari dalam menyikat gigi adalah bagian terpenting dari usaha kita dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Berbagai macam pasta gigi dapat kita temukan di pasaran dengan berbag

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Pasta gigi yang digunakan sehari-hari dalam menyikat gigi adalah bagian terpenting dari usaha kita dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Berbagai macam pasta gigi dapat kita temukan di pasaran dengan berbagai macam kandungan di dalamnya dan memiliki fungsinya berbeda-beda. Salah satu kandungan utama yang populer 20 tahun belakangan ini adalah fluoride.

Sejak kemunculan pasta gigi dengan kandungan fluoride telah memberikan dampak yang positif terhadap penurunan angka penyakit gigi berlubang. Telah dilakukan berbagai penelitian untuk mengetahui efektivitas fluoride terhadap kesehatan gigi. Dan terdapat pula beberapa bahan kombinasi antara fluoride dengan bahan lainnya seperti amine fluoride, stannous fluoride dan sodium fluoride.

Apakah itu fluoride?
Fluoride adalah mineral alami yang terdapat di berbagai macam bagian dari alam seperti pada tanah, batu dan air. Selain digunakan untuk menunjang kesehatan gigi, fluoride juga digunakan dalam berbagai macam proses industri. Fluoride juga terdapat pada makanan dan  minuman.

Fungsi fluoride terhadap gigi
Terdapat dua fungsi utama fluoride terhadap kekuatan dan kesehatan gigi, yaitu:

  1. Fluoride membuat lapisan gigi menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh bakteri.
  2. Fluoride dapat memperbaiki kerusakan yang telah terjadi pada lapisan gigi.
  3. Fluoride juga dapat membantu menghilangkan plak pada gigi.

Bagaimana cara kerja fluoride dalam melindungi gigi?
Bakteri dalam mulut akan merubah sisa makanan dan terutama makanan yang mengandung gula yang tertinggal disela-sela gusi dan gigi menjadi asam yang dapat merusak permukaan gigi. Dengan fungsi yang telah dijelaskan diatas, fluoride mampu melindungi gigi dari kerusakan yang disebabkan oleh asam yang dihasilakan oleh bakteri. Apabila gigi kurang terlindungi makan asam yang mengenai permukaan gigi ini akan menyebabkan kerusakan berupa gigi berlubang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

0 Komentar

Belum ada komentar