Sukses

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Tips Memelihara Kulit Sikut, Lutut dan Tumit. Area kulit lutut, sikut dan tumit kita cenderung memiliki kondisi kulit yang menghitam, tebal dan kering. Kondisi menghitam dan menebal yang ada tidak lain adalah karena

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

KLIKDOKTER.com – Bagian kulit kita pada lutut, tumit dan sikut kerap kali lebih kering dan menebal. Untuk sebagian orang hal ini acapkali mengganggu kepercayaan diri. Belum lagi jika kondisi kulit cenderung kering, area kulit tersebut akan semakin tak sedap dipandang. Tak halus dan tak rata warnanya. Namun dari segi medis, bukan hanya soal penampilan yang dikhawatirkan, tetapi juga potensi risiko akan mudah terpapar penyakit kulit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus karena proses iritasi.

Wah, lalu bagaimana cara menghindarinya? Tenang, ladies. Simak dan lakukan tips berikut ya:

  1. Hindari berlama-lama mandi dan terutama menggunakan air panas. Air panas menghilangkan minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Terlalu lama mandi malah membuat kulit kering. Batasi kegiatan mandi Anda selama 5 – 10 menit saja setiap harinya dengan air hangat. 

  2. Gunakan kosmetik yang tidak beraroma ‘keras’.

    Gunakan kosmetik perawatan kulit yang tidak menggunakan pengharum atau sabun yang tidak terlalu ‘keras’. Pilah-pilihlah kosmetik yang digunakan, karena zat tambahan aroma dan pewangi dalam kosmetik yang tidak diperlukan bisa berpotensi menyebabkan alergi dan iritasi. gunakanlah produk krim yang beraroma lembut dan mengandung eucerit. Eucerit adalah lanolin alkohol yang aman dan mengalami pemurnian bertahap dan berulang kali. Dengan demikian akan mengurangi risiko alergi.
  3. Jangan mengusap, tapi ditepuk-tepuk.

    Ketika mengeringkan kulit dengan handuk, Hindari mengusapnya, apalagi jika memakai tenaga keras-keras. Selain dapat menyebabkan iritasi, kulit akan menjadi mudah terluka dan mengundang infeksi. Cukup tepuk-tepuk kulit dengan handuk.
  4. Gunakan krim pelembab setelah mandi dan ketika malam.

    Gunakan pelembab dalam jangka waktu tiga hingga lima menit setelah mandi agar kelembapan kulit dapat dipertahankan. Lakukan hal yang sama di malam hari. Terutama pada area yang mengalami penebalan dan menghitam di tumit, sikut dan lutut. Pastikan krim untuk kulitmu memiliki kandungan glycerol (gliserin) dan panthenol. Dengan kandungan glycerol, kelembaban kulit semakin tahan lama terjaga, sehingga permukaan kulit yang menebal lebih lentur dan lembut.

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaanmu di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan[](PNA)

0 Komentar

Belum ada komentar