Sukses

Berat Bertambah Pasca Menopause

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda seringkali mengalami kesulitan untuk menjaga berat badan sehingga tak ayal lagi berat badan Anda menjadi mudah naik. Terutama pada wanita, hal ini terjadi setelah menopause.

Oleh: dr. Nadia Octavia

KLIKDOKTER.com - Seiring dengan bertambahnya usia, Anda seringkali mengalami kesulitan untuk menjaga berat badan sehingga tak ayal lagi berat badan Anda menjadi mudah naik. Terutama pada wanita, hal ini terjadi setelah menopause.

Apa yang menyebabkan peningkatan berat badan setelah menopause?

Perubahan hormonal yang terjadi pada saat menopause dapat menyebabkan Anda memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan bobot pada area sekitar perut, pinggul dan paha Anda. Selain itu hal tersebut juga disebabkan oleh adanya faktor usia, gaya hidup dan genetik.

Sebagai contoh, massa otot akan hilang seiring dengan penambahan usia dan sementara lemak akan meningkat. Hilangnya massa otot akan menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar kalori.

Apakah risiko peningkatan berat badan tersebut?

Peningkatan berat badan pasca menopause dapat menyebabkan implikasi yang serius terhadap kondisi kesehatan Anda. Peningkatan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2 dan berbagai tipe kanker termasuk kanker kolorektal dan kanker payudara.

Apa saja yang dapat saya lakukan untuk mencegah peningkatan berat badan pasca menopause?

  1. Aktif dan bergerak
    Aktivitas aerobik dapat membantu Anda untuk membakar lemak dan meningkatkan massa otot sehingga tubuh Anda akan membakar kalori lebih efisien. American Heart Association menganjurkan untuk beraktivitas fisik secara reguler minimal 150 menit/minggu.

  2. Kurangi porsi makan
    Untuk menjaga berat badan, Anda perlu mengurangi sekitar 200 kalori per hari lebih sedikit di usia 50-an dibandingkan saat Anda berusia 30-40 tahun. Perbanyak makan buah dan sayuran serta kurangi konsumsi daging merah juga makanan berlemak.

  3. Carilah support dan dukungan
    Kelilingi diri Anda dengan orang-orang dan teman-teman yang menyayangi Anda yang dapat mendukung usaha Anda untuk menjalani diet yang sehat dan peningkatan aktivitas fisik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO)

0 Komentar

Belum ada komentar