Kesehatan Umum

Gangguan Haid dan Tangan Kesemutan

dr. Dewi Ema Anindia, 21 Nov 2013

Ditinjau Oleh dr. Dewi Ema Anindia

saya punya beberapa keluhan yang membuat saya takut serta bingung, langsung aja yaa dok 1. saya sejak umur 16 tahun sering merasakan sakit kepala yang berat, sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, disertai mual dan muntah dan jika sudah sakit terasa sampai kemata dan hidung, dan sama sekali saya tidak bisa bergerak jika sedikit saja ada gerakan akan sangat bertambah sakit, dan jika saya mencoba untuk berdiri terasa pusing, dan saat saya nginjak lantai terasa sampai kepala tapi jarang sekali

Gangguan Haid dan Tangan Kesemutan

Pertanyaan:

Saya punya beberapa keluhan yang membuat saya takut serta bingung, langsung aja yaa dok 1. saya sejak umur 16 tahun sering merasakan sakit kepala yang berat, sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, disertai mual dan muntah dan jika sudah sakit terasa sampai kemata dan hidung, dan sama sekali saya tidak bisa bergerak jika sedikit saja ada gerakan akan sangat bertambah sakit, dan jika saya mencoba untuk berdiri terasa pusing, dan saat saya nginjak lantai terasa sampai kepala tapi jarang sekali terjadi hanya 1x setahun.

Kalau sakit kepala biasa hampir setiap hari terjadi.saya sudah coba ke 3 dokter untuk memeriksakan sakit kepala saya ini tapi diagnosa dokter berbeda-beda, dokter 1 diagnosa adanya penyempitan saraf, dokter 2 menyatakan kemungkinan tumor dan dokter 3 yang kebetulan dokter saraf mengatakan kemungkinan migrain akut tapi saya dikasih rujukan ct scan bila perlu dengan kontras.

Saya juga jadi sering kayak kebingungan, pelupa dan sempoyongan kalau jalan dan itu dibenarkan orang2 terdekat saya. 2 saya juga menderita maag dok, bebarapa kali sempat terjadi sakit di ulu hati yang terasa tembus kebelakang dan selalu terjadi ditengah malam, dan kalau sudah sakit sampai diare dan mual muntah dok.

Saya sempat masuk ugd dan di diagnosa dispepsia. 2 hari lalu sakit diulu hati tapi sampai ketenggorokan dan berasa sesak didada 3 sayang sering merasa sakit diperut bawah kanan dok, dan terkadang rasa sakit sampai kekaki, tapi terkadang juga terasa dipinggang kanan yang tiba2 terasa seperti keram, sering juga kaki kanan saya sakit sampai tidak bisa berjalan. 4 haid saya tidak lancar dok 3 bulan 1x itu sudah dari say smu 5 akhir2 ini tangan kanan saya sering terasa mati rasa, seperti pegal dan lemah.

Yang mau saya tanyakan dok, apakah semua sakit saya ini saling berhubungan? atau memang sakit saya ini berbeda- beda? saya bingung dok harus sembuhkan yang mana duluan, menurut dokter sakit apa saya ini? tolong dijawab ya dok, terima kasih

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaan Anda, 

1. Sakit kepala yang Anda derita kemungkinan besar merupakan suatu bentuk penyakit sakit kepala golongan migraine. Sakit kepala sebelah biasa disebut sebagai migrain, dapat terjadi pada sebelah dahi, seringkali dapat mencapai daerah mata, pipi, dan dapat disertai dengan keluhan mual, muntah, pandangan kabur, tidak nafsu makan, mual, muntah, perubahan mood, dsb yang akan mengganggu kualitas kerja penderitanya.

Dasar penyebab migrain adalah adanya pelebaran/pembengkakan pembuluh darah otak yang akan menimbulkan nyeri akibat penekanan ke jaringan sekitarnya. 

Migrain memang dapat dicetuskan oleh berbagai faktor seperti makanan, alkohol, stres, dan faktor hormonal. Penelitian yang dilakukan oleh Mukamal dkk menunjukkan bahwa keluhan migrain juga dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti temperatur udara, kelembaban, dan tekanan barometrik.

Keluhan migrain yang Anda alami dapat diatasi dengan mengonsumsi obat golongan antiradang bukan steroid (OAINS/NSAID) seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau natrium diklofenak.

Tidur dan terapi relaksasi juga seringkali merupakan obat mujarab untuk menghilangkan migrain ini. Namun sebaik-baiknya pengobatan, yang terbaik adalah mencegah keluhan tersebut agar tidak timbul kembali.

Oleh sebab itu, mulailah menghindari faktor-faktor pencetus migrain seperti merokok (aktif ataupun pasif), konsumsi bahan makanan yang mengandung MSG, alkohol, keju, kacang-kacangan, dan (pada kasus Anda) faktor stres emosional.

Selain itu, cobalah untuk mulai berolahraga secara teratur dan penuhi kebutuhan cairan Anda dengan mengonsumsi banyak air. Namun oleh karena nyeri kepala ini sudah berlangsung lama, tidak ada salahnya anda melakukan pemeriksaan CT-Scan untuk menyingkirkan diagnosa lain.

2. Penyakit Maag yang Anda alami bisa juga memperngaruhi nyeri kepala, terkadang peningkatan asam lambung dapat menyebabkan nyeri kepala. Untuk penyakit maag Anda, karena sudah sering terjadi nyeri uluhati kemungkinan besar Anda harus mengkonsumsi obat pengurang asamlambung golongan PPI atau H2 Blocker, sebaiknya Anda konsultasi ke Dokter Specialis Penyakit Dalam untuk mendapat terapi. Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  • Jangan terlambat makan 
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu? 

3. Untuk nyeri perut kanan bawah dapat disebabkan oleh banyak hal. Dapat disebabkan oleh gangguan pada otot, saraf, ataupun organ yang berada di perut bagian kanan bawah entah usus, organ kewanitaan, ginjal dan organlainnya.

Untuk melihat apakah ada kelainan atau tidak di perut kanan bawah dibutuhkan beberapa pemeriksaan. Sebaiknya memang Anda mengunjungi Dokter Specialis Penyakit Dalam untuk melihat apakah ada gangguan di perut kanan bawah Anda sekaligus untuk memeriksakan maag Anda. 

4. Untuk haid yang tidak lancar dapat disebabkan oleh banyak hal: 

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Maka untuk mendiagnosa kelainan apa yang Anda derita ada baiknya Anda mengunjungi Dokter Specialis Kebidanan dan Kandungan

5. Gangguan semutan pada tangan biasanya disebabkan oleh kelainan pada impuls saraf. Gangguan ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan pada saraf, otot, atau tulang yang berada di sekitar tangan. Coba isitrahatkan tangan saat semutan, dan and dapat konsumsi multivitamin B12, B6 dan B. 

Untuk kelima penyakit Anda, sepertinya saling berpengaruh. Maag dapat membuat nyeri kepala dan sebaliknya saat nyeri kepala migrain muncul dapat timbul keluhan berupa mual, kembung. Untuk nyeri perut kanan bawah memang perlu diterlusuri lebih dalam apakah hanya gangguan di otot atau saraf, atau apakah ada kelainan di organ daerah perut kanan bawah. Sepertinya Anda memerlukan chekcup untuk menyingkirkan diagnosa penyakit lain. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

(EA)

A-Z Kesehatan KewanitaanNyeri Kepala Nyeri Perut Gangguan Haid Tangan Kesemutan

Konsultasi Dokter Terkait