HomeIbu Dan anakKesehatan Anak6 Vitamin & Mineral untuk Anak Cemerlang
Kesehatan Anak

6 Vitamin & Mineral untuk Anak Cemerlang

Klikdokter, 01 Feb 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

6 Vitamin & Mineral untuk Anak Cemerlang di Sekolah. Vitamin dan mineral merupakan nutrien yang penting dalam menyokong pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja manfaatnya?

6 Vitamin & Mineral untuk Anak Cemerlang

Vitamin dan mineral merupakan nutrien yang penting dalam menyokong pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja manfaatnya?

1. Vitamin A

Berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan jaringan dan tulang, serta kesehatan kulit, mata, dan respon imun. Sumber vitamin ini antara lain susu, keju, telur, sayuran berwarna kuning dan oranye seperti wortel.

2. Vitamin B

Termasuk B2, B3, B6, dan B12, membantu metabolisme, produksi energi, dan sistem pembuluh darah serta saraf yang sehat. Sumber vitamin ini antara lain daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju.

Artikel lainnya: Perlukah Memberikan Suplemen untuk Anak Setiap Hari?

3. Vitamin C

Mendukung kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit. Sumber yang baik termasuk buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan sayur-sayuran tomat dan brokoli.

4. Vitamin D

Penting untuk pembentukan tulang dan gigi serta membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber yang baik adalah susu dan produk susu lain yang sudah difortifikasi dan minyak ikan. Namun, sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari.

5. Kalsium

Pentingnya Kalsium Pada Osteoporosis

Membantu pembentukan tulang yang kuat. Sumbernya antara lain susu, keju, yogurt, tahu, dan jus jeruk yang sudah difortifikasi.

6. Besi

Membantu membangun otot dan penting dalam pembentukan sel darah merah. Defisiensi atau kekurangan besi dapat terjadi pada anak yang baru mulai mendapatkan makanan tambahan serta pada remaja (masa pertumbuhan cepat), terutama pada anak remaja perempuan yang mulai mengalami menstruasi. Sumber yang baik termasuk daging merah dan bayam.

Penuhilah kebutuhan vitamin dan mineral ini dengan memberikan diet yang seimbang dan bervariasi untuk anak Anda. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan beraneka warna. Selain itu, perhatikan kandungan nutrien pada label makanan dan minuman yang Anda beli.

Artikel lainnya: Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](PNA)

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

6 Vitamin & Mineral Untuk Anak Cemerlang Di SekolahImunisasi

Konsultasi Dokter Terkait