Sukses

Gula Adalah Penyebab Gigi Berlubang

Gula Penyebab Gigi Berlubang. Peningkatan konsumsi gula di negara kita pada dekade terakhir ini berkaitan dengan perubahan pola konsumsi masyarakat. Namun tahukah Anda bahwa gula cukup berbahaya bagi kesehatan gigi dan menyebabkan gigi berlubang?

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Gula dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok dalam konsumsi makanan sehari-hari. Dapat kita lihat sendiri bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi sebagian besar menggunakan gula. Peningkatan konsumsi gula di negara kita pada dekade terakhir ini berkaitan dengan perubahan pola konsumsi masyarakat. Namun tahukah Anda bahwa gula cukup berbahaya bagi kesehatan gigi dan menyebabkan gigi berlubang?

Mekanisme kerusakan gigi karena gula

Semakin banyak mengkonsumsi gula maka akan semakin besar risiko yang ditimbulkan terhadap penyakit karies gigi atau gigi berlubang.  Mengapa hal itu bisa terjadi? Gula mempunyai  sifat yang spesifik bagi bakteri penyebab karies gigi yaitu sebagai substrat,  karena gula merupakan karbohidrat yang bisa difermentasi dan memiliki sifat karsinogenik juga. Gula akan dirubah oleh bakteri menjadi asam yang dapat merusak gigi. Pemanis selain gula
Rasa manis identik dengan gula, bahkan mungkin ada anggapan bahwa rasa manis hanya berasal dari gula. Tentu saja rasa manis  bisa didapatkan dari bahan pemanis  dimana bahan ini bersifat sangat manis dan tidak mengandung kalori, yang  terbuat dari bahan alami atau sintetis. Bahan pemanis buatan lainnya yang sama bahayanya dengan gula
  1. Sakarin
  2. Siklamat
  3. Aspartam
  4. Steviosit
  5. Rebaudiosit
  6. Asesulfam-K
Bahan pengganti gula yang tidak terlalu destuktif ke gigi
  1. Sorbitol
  2. Palatinit
  3. Likasin
  4. Laktitol
  5. Maltitol
  6. Mannitol
  7. Erytriol
  8. Xylitol

Dimana bahan-bahan tersebut juga memilik kelebihan dan kekurangan dibanding gula, tetapi tentu saja bahan-bahan ini tidak memiliki sifat yang lebih destruktif terhadap gigi apabila dibandingkan dengan gula.

Sehubungan dengan hal ini, dilakukan beberapa penelitian yang berkaitan dengan penggantian gula dengan bahan pemanis atau bahan pengganti gula, guna mengetahui apakah bahan-bahan tersebut cuku baik bagi kesehatan gigi. Mengurangi  mengkonsumsi gula merupakan langkah yang baik bagi pencegahan lubang/karies gigi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)


0 Komentar

Belum ada komentar