Sukses

Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho! Dibalik kenyamanan yang ditawarkan, AC memberikan dampak pada kesehatan kulit secara langsung, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering.

KLIKDOKTER.com – Memang nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). Bahkan untuk sebagian orang, kenyamanan suhu yang disediakan AC menjadi suatu keharusan agar kerja lebih produktif dan kreatif. Namun dibalik kenyamanan yang ditawarkan, AC memberikan dampak pada kesehatan kulit secara langsung, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering.

Namun tidak usah khawatir, karena berikut ini adalah contekannya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain:

Suhu Air Mandi

Semua berawal pada saat persiapan bekerja, yakni mandi pagi. Hindari mandi yang menggunakan suhu air terlalu panas. Karena air bersuhu tinggi akan mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa (bersuhu temperatur ruangan). Hal ini berlaku juga ketika Anda mandi di akhir hari. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama.

Pelembab Setelah Mandi

Dengan menggunakan pelembab setelah mandi, pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Pada kulit yang tidak diberikan pelembab setelah mandi, maka molekul air di kulit yang di dapat setelah mandi lebih cepat menguap dan mengakibatkan kulit menjadi mudah kering. Pilihlah pelembab berupa krim yang menawarkan kandungan glycerol. Karena kandungan glycerol dapat memberikan manfaat menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

Bahan Baju Juga Penting

Gunakanlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Hati-hati jika mengenakan pakaian bahan wol atau serat sintetis lainnya, karena dapat menimbulkan iritasi.

Minum Air Putih

Mungkin tips ini terdengar klasik dan seringkali berulang-ulang. Tapi memang akurat adanya, status kelembaban kulit sangat bergantung pada seberapa jumlah asupan cairan yang kita minum. Mulai dari sarapan, sampai di kantor, dan seterusnya, pastikan Anda memenuhi jumlah asupan cairan dalam sehari.

Hindari Sinar Matahari

Jika rute ke tempat aktivitas Anda banyak memaparkan tubuh pada sinar matahari, maka disarankan Anda menggunakan tabir surya pada area tubuh yang terekspos matahari.

Vitamin & Nutrisi

Tidak salah jika Anda gemar nyemil selama bekerja, namun ada baiknya Anda mulai mengganti camilan favorit Anda dengan makanan-makanan yang mengandung omega-3, seperti biji-bijian berupa kuaci bunga matahari, atau kuaci dari labu, kacang walnut, Kacang pistachio dan lainnya. Jika Anda makan siang, Anda dapat memilih menu yang mengandung omega-3 lainnya seperti menu ikan-ikanan laut, yakni sarden, salmon, mackerel, tuna dan lainnya.

Pelembab Ketika di Ruangan Ber-AC

Jika dirasa kulit Anda telah hilang kelembabannya ketika beraktivitas di ruangan ber-AC, tidak ada salahnya untuk kembali memberikan krim pelembab ke kulit. Jika Anda berkantor di ruangan AC, usahakan pilihlah krim yang beraroma lembut bukan krim yang beraroma tajam. Karena selain lebih aman untuk kulit, krim pelembab yang beraroma lembut dapat menjadi stress buster Anda di kantor yang penat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

0 Komentar

Belum ada komentar