Sukses

Kebutaan Pada Penderita Diabetes

Hati-hati! Diabetes Bikin Buta! Anda menderita diabetes? Anda memiliki keluarga yang menderita diabetes? Atau, Anda mengenal seseorang yang mengidap diabetes? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengingatkan diri dan orang yang Anda sayangi untuk meme

Oleh: dr. Jessica Florencia

Klikdokter.com - Anda menderita diabetes? Anda memiliki keluarga yang menderita diabetes? Atau, Anda mengenal seseorang yang mengidap diabetes? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengingatkan diri dan orang yang Anda sayangi untuk memeriksakan kesehatan matanya. Hal ini penting guna mencegah penderita diabetes kepada risiko penyakit Retinopati Diabetik yang dapat berujung pada kebutaan.

Retinopati Diabetik ini dapat terjadi pada seluruh penderita diabetes dan semakin meningkat risikonya pada:

  1. Penderita yang sudah lama menderita diabetes
  2. Penderita diabetes yang gula darahnya sering tidak terkontrol

Gejala paling umum yang sering terjadi adalah:

  1. Penurunan ketajaman penglihatan
  2. Penglihatan kabur
  3. Penglihatan dengan bintik-bintik hitam
  4. Wilayah hitam dalam area lapang pandang penglihatan
  5. Kesulitan dengan persepsi warna, seringkali berupa gangguan dalam persepsi warna biru-kuning

Namun, sebenarnya yang paling membahayakan adalah, penyakit ini tidak memberikan gejala di awal-awal, namun memberikan ancaman kebutaan seketika, dan biasanya pada kedua mata, karena:

1. Pecahnya pembuluh darah pada lapisan penerima penglihatan (retina) di mata

2. Atau, terjadinya perembesan cairan di daerah penerima penglihatan untuk penglihatan tajam (makula)

Untuk mencegah terjadinya kebutaan karena diabetes retinopati, penderita diabetes perlu menjaga agar gula darahnya tetap dalam batas normal dan terkontrol serta rutin melakukan pemeriksaan mata minimal 1 tahun sekali.

Namun, bila, diabetes retinopati telah terjadi, maka Anda perlu segera mengunjungi dokter untuk mengetahui derajat keparahan penyakit dan menentukan jenis penanganan yang paling sesuai. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

sumber gambar 

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar