Sukses

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

Kehamilan adalah suatu proses alamiah yang sangat penuh dengan keindahan, dimana seorang menjadi wanita bertransisi menjadi sesosok ibu. Namun, seringkali proses kehamilan diikuti oleh perubahan fisik termasuk kulit diantaranya...

Oleh: dr. Nadia Octavia

KLIKDOKTER.com – Kehamilan adalah suatu proses alamiah yang sangat penuh dengan keindahan, dimana seorang menjadi wanita bertransisi menjadi sesosok ibu. Namun, seringkali proses kehamilan diikuti oleh perubahan fisik termasuk kulit diantaranya. Sebut saja seperti munculnya stretchmarks atau pun garis kehitaman di beberapa bagian tubuh. Bagi Anda yang menjelang masa kehamilan, tidak perlu khawatir. Sejatinya perubahan fisik yang ada dapat disikapi dengan memastikan beberapa asupan berikut ini untuk dipenuhi setiap harinya, antara lain;

1. Antioksidan

Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, ataupun seafood. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, namun 2 diantaranya adalah:

  1. Vitamin C: berfungsi untuk membentuk kolagen, kekenyalan serta mengencangkan kulit. Dapat ditemui pada gandum, apel, jeruk dan kiwi. Upayakan asupannya hingga 75 mg per hari.
  2. Vitamin E: Melindungi membran sel dan nutrisi penting pada kulit dari paparan sinar UV. Dapat ditemui dari selai kacang dan almond. Upayakan asupannya hingga 15 mg/hari.

2. Sun protector

Ketika Anda menggunakan sunscreen, tidak hanya Anda dapat terlindungi dari risiko kanker kulit, namun juga membantu pencegahan tanda-tanda penuaan dari paparan sinar UV. Untuk melIndungi kulit dari sinar matahari, pilihlah yang mengandung setidaknya SPF 15 dan gunakan paling tidak 20 menit sebelum paparan sinar matahari. Jika Anda berenang atau sering berkeringat, aplikasikan ulang. Dengan luas permukaan kulit sekitar 1.7 m2 , tidak heran jika kebanyakan orang memenuhi isi lemarinya dengan produk perawatan kulit. Lapisan kulit yang kita olesi krim, lotion, toner, scrub dan cleanser disebut juga dengan epidermis, yaitu lapisan terluar dari kulit.

Untuk penanganan kulit yang sudah terbakar matahari, Anda dapat memberikan krim yang mengandung panthenol. Dimana krim yang memiliki kandungan panthenol dapat mempercepat penyembuhan kulit akibat terbakar sinar matahai dengan rasa menyejukan.

3. Asam lemak esensial

Asam lemak esensial merupakan komponen penting dalam diet yang sehat karena dapat membantu pembentukan membran sel yang dapat menahan air dan nutrisi. Pada kulit, asam lemak tersebut akan membentuk penghalang minyak yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi. Anda dapat memperolehnya dari: gandum, minyak sayur, kacang-kacangan dan bayam.

Anda tidak hanya dapat memberikan nutrisi kulit dari dalam melalui pemilihan menu makan yang jitu, tetapi dapat juga memberikan nutrisi melalui krim untuk kulit yang mengandung Eucerit. Dimana kandungan eucerit adalah bahan pelembab alami yang merupakan sumber lemak yang baik untuk kulit.

4. Air

Tubuh manusia mengandung 55-75% air. Air dapat membantu membuang toksin dari tubuh sehingga sel tubuh dapat menyerap nutrisi lebih maksimal. Sehingga agar sel tubuh berfungsi maksimal, peran air sangatlah penting. Untuk menjaga kulit terhidrasi, minumlah setidaknya 2 liter air setiap hari.

Satu hal terpenting bagi ibu hamil, pastikan Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu setiap penggunaan kosmetika yang akan digunakan kepada dokter Anda, tentunya hal tersebut untuk memastikan dan menghindari adanya paparan kosmetik yang memiliki kandungan berbahaya bagi ibu hamil maupun calon bayi di kandungan Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](NO)

BACA JUGA

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode
Kiat Memperoleh Kulit Sehat
4 Makanan untuk Kulit Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar