HomeInfo SehatGigi MulutSikat Gigi Jangan Kurang Dari 1 Menit!
Gigi Mulut

Sikat Gigi Jangan Kurang Dari 1 Menit!

Tim Redaksi KlikDokter, 11 Des 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebagian besar orang sudah merasa cukup hanya dengan durasi penyikatan kurang lebih 1 menit. Idealnya kebersihan rongga mulut harus ditunjang dengang penggunaan obat kumur, benang gigi (dental floss) dan penyikatan 2 kali sehari selama 2-3 menit

Sikat Gigi Jangan Kurang Dari 1 Menit!

KLIKDOKTER.com - Sejauh mana Anda memperhatikan kebersihan mulut dan gigi Anda?. Sebagian besar orang sudah merasa cukup hanya dengan menyikat gigi 2 kali sehari dengan durasi penyikatan kurang lebih 1 menit. Idealnya kebersihan rongga mulut harus ditunjang dengang penggunaan obat kumur, benang gigi (dental floss) dan penyikatan 2 kali sehari selama 2-3 menit dengan pasti gigi berflouride.

Bagian gigi yang terletak diantara dua gigi merupakan bagian yang paling sering luput dari perhatian dalam menjaga kebersihan gigi. Pada sela gigi yang kotor dan terdapat sisa makanan berpotensi menjadi sarang bakteri. Disela-sela  gigi yang renggang biasanya sering nyangkut makanan berserat  seperti daging-dagingan dan sayuran, makanan yang terselip ini apabila dibiarkan lama akan menimbulkan bau tidak sedap dan lebih parahnya lagi akan menyebabkan keradangan pada gusi.

Penggunaan sikat gigi saja dalam membersihkan gigi tidak dapat menjangkau bagian diantara gigi atau interdental dan proksimal, sehingga bagian tersebut rentan terjadi pembentukan plak dan karang gigi yang kemudian dapat menimbulkan keradangan gusi juga keradangan jaringan pendukung gigi (jaringan periodontal).

Ada beberapa macam alat yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan bagian interdental gigi diantaranya seperti:

  • dental floss
  • perio-aid
  • sikat elektrik
  • tusuk gigi
  • dental tape dan
  • sikat interdental.

Dental floss atau benang gigi dan tusuk gigi adalah dua alat yang paling banyak digunakan oleh orang, karena mudah didapatkan. Dalam penggunaannya benang gigi lebih diindikasikan pada sela gigi yang masih rapat dan gusi yang sehat. Sedangkan tusuk gigi hanya direkomendasikan untuk gigi yang mempunyai jarak, karena apabila diaplikasikan pada selah gigi yang rapat dan gusi sehat dikhawatirkan akan merusak gusi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

perawatan gigiSikat Gigi Jangan Kurang Dari 1 Menit!

Konsultasi Dokter Terkait