HomeIbu Dan anakKehamilanPencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Klikdokter, 05 Des 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. Lalu timbulah pertanyaan ini, bisakah jerawat dicegah? Simak penjelasannya di sini!

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. Lalu timbulah pertanyaan ini, bisakah jerawat dicegah? Kabar baik, jerawat dapat dicegah, ikuti tips berikut ini:

Mengkonsumsi Makanan dengan Indeks Glikemik yang Rendah

  1. Perlu diketahui makanan dengan indeks glikemik tinggi berarti makanan tersebut dengan cepat menaikkan kadar gula dalam darah, makanan dengan indeks glikemik rendah bermakna sebaliknya. 
  2. Kadar gula yang tinggi di darah tentunya akan memacu kadar insulin yang juga akan meninggi di darah, insulin inilah yang kemudian membuat aktivitas kelenjar minyak menjadi berlebihan, jerawat pun lebih mudah timbul.

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

  1. Sayur-sayuran
  2. Buah
  3. yoghurt
  4. makanan rendah karbohidrat
  5. Susu

Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

  1. nasi putih
  2. kentang
  3. sereal instan
  4. roti putih

Jagalah Kebersihan Wajah

  1. Khusus bagi ibu hamil yang memiliki jenis kulit berminyak, akan mudah sekali memicu jerawat. Oleh karena itu pastikan Anda membersihkan kulit wajah dengan rutin dan dengan sabun yang aman.
  2. Cucilah wajah secara teratur 2 kali sehari. Sebaiknya mencuci wajah jangan terlalu sering, jangan terlalu digosok dan jangan menggunakan bahan-bahan yang kasar/iritatif (handuk, pencuci wajah dengan scrub) karena dapat menyebabkan iritasi dan malahan memicu jerawat.
  3. Gunakan bahan-bahan yang tidak berbasis minyak (oil) maupun alkohol, baik untuk kosmetik, pelembab, tabir surya maupun pembersih wajah.
  4. Jika Ibu memiliki jenis kulit kepala berminyak, sebaiknya Ibu mencuci rambut setiap hari. Rambut yang berminyak dan kotor dapat mempengaruhi kebersihan kulit wajah sehingga dapat memicu terjadinya jerawat.
  5. Jangan melakukan manipulasi apapun pada jerawat Ibu, seperti: memegang-megang, menekan-nekan, atau memecahkan jerawat. Hal ini dapat menyebabkan bekas jerawat yang lebih sulit diatasi daripada jerawat itu sendiri.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.

Oleh: dr. Adithia Kwee

Perawatan KulitPencegahan Jerawat Untuk Ibu Hamil

Konsultasi Dokter Terkait