Sukses

Zink, Murah dan Ampuh Atasi Diare Anak

Anda tentunya sudah tidak asing dengan mineral bernama zink. Zink merupakan salah satu mineral yang banyak terdapat pada makanan berupa biji-bijian, kacang-kacangan, makanan laut, gandum-ganduman, dan produk-produk susu. Kini banyak suplemen zink yang dijual dalam berbagai bentuk sediaan baik berupa tablet maupun sirup...

Oleh: dr. Adithia Kwee

KLIKDOKTER.com - Anda tentunya sudah tidak asing dengan mineral bernama zink. Zink merupakan salah satu mineral yang banyak terdapat pada makanan berupa biji-bijian, kacang-kacangan, makanan laut, gandum-ganduman, dan produk-produk susu. Kini banyak suplemen zink yang dijual dalam berbagai bentuk sediaan baik berupa tablet maupun sirup.

Suplemen zink sering diberikan kepada anak-anak dengan diare akut. Dari penelitian telah diketahui bahwa zink memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Dapat membantu memperbaiki sel epitel usus,
  2. Membantu menyerap natrium di usus,
  3. Serta mencegah keluarnya klorida dari tubuh.

Penyerapan natrium di usus otomatis akan membantu terjadinya penyerapan air sehingga pemberian zink dapat membantu mengatasi diare. Selain itu zink juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, sekalipun penggunaannya pada orang dewasa untuk kasus diare sangatlah jarang.

Zink dapat diberikan sebanyak 10 mg perhari untuk anak usia di bawah 6 bulan dan 20 mg perhari untuk anak usia di atas 6 bulan sampai usia 5 tahun. Pemberian suplemen ini selama 10 – 14 hari terbukti dapat mengatasi diare akut dan mencegah kekambuhan diare dalam waktu 2 – 3 bulan ke depan. Efek samping yang timbul akibat mengkonsumsi suplemen ini hamper tidak pernah dilaporkan sama sekali.

Sebaiknya tetap konsultasikan kondisi diare anak Anda apalagi jika ditemukan tanda-tanda dehidrasi pada anak Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami [](AK)

BACA JUGA

 

0 Komentar

Belum ada komentar