HomeInfo SehatPencernaanHindari Berjemur di Siang Hari, Ini Bahayanya
Pencernaan

Hindari Berjemur di Siang Hari, Ini Bahayanya

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 17 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berjemur di siang hari disebut-sebut dapat membahayakan kulit dan kesehatan tubuh. Untuk tahu efek kesehatan selengkapnya, simak ulasan ini.

Hindari Berjemur di Siang Hari, Ini Bahayanya

Sebagai negara tropis, Indonesia mendapat curahan sinar matahari yang melimpah. Di satu sisi, hal ini merupakan sebuah keuntungan karena sinar matahari memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Sinar matahari dapat membantu proses sintesis atau pembentukan vitamin D dan meningkatkan daya tahan tubuh secara umum. Namun di sisi lain, berjemur di bawah sinar matahari, terutama di siang hari, dapat menimbulkan beberapa efek negatif.   

Bahaya Berjemur di Siang Hari

Berjemur di siang hari bukanlah tindakan tanpa risiko. Ada beberapa bahaya berjemur di siang hari yang dapat terjadi. Berikut dampak yang harus Anda ketahui.

  1. Sunburn 

Efek berjemur di siang hari adalah kulit kemerahan, terasa nyeri, dan terasa terbakar hingga sering disebut sebagai sunburn. Pada tahap yang lebih berat, dapat muncul lesi di kulit seperti lenting.

  1. Kerusakan Kulit dan Penuaan Dini

Paparan sinar matahari memiliki dampak yang bisa merusak kulit. Sinar matahari dapat merusak komponen genetik dalam sel kulit hingga mempercepat terjadinya penuaan dini. 

Gejala penuaan dini umumnya berupa kulit kering, kusam, tampak keriput dan garis halus. 

Artikel Lainnya: Wajib Tahu,Pakai Sunscreen Bisa Turunkan Penyerapan Vitamin D

  1. Kerusakan Mata 

Bahaya berjemur di siang hari lainnya adalah katarak. Katarak merupakan kondisi lensa mata yang mengalami kekeruhan sehingga penglihatan penderitanya akan menurun. Salah satu faktor risiko dari katarak adalah paparan ultraviolet dari sinar matahari.

Selain katak, efek berjemur di siang hari berikutnya adalah pterygium. Kondisi pterygium terjadi ketika jaringan ikat berkembang di mata dan dapat menghalangi jalur penglihatan. 

  1. Risiko Kanker Kulit 

Masalah lain yang dapat timbul akibat di berjemur di siang hari adalah risiko kanker kulit. Ada berbagai jenis kanker kulit, yaitu melanoma, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel basal. 

Salah satu faktor risiko utama dari kanker kulit adalah paparan sinar ultraviolet yang ada di dalam sinar matahari. Hal ini dapat terjadi setelah Anda sering terpapar dalam waktu yang lama.

Artikel Lainnya: Bagi Kulit lebih Berbahaya Polusi Udara atau Paparan Sinar Matahari

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Siang

Jangan khawatir, ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dan tubuh dari bahaya sinar matahari siang. Berikut pencegahannya:

  • Ketahui Waktu Berjemur yang Tepat 

Kendati masih banyak perdebatan, sebagian besar pakar menyarankan kita untuk berjemur di bawah jam 10 pagi. Jadi, sebisa mungkin hindari aktivitas di luar ruangan, terutama di atas jam 10 siang. 

  • Gunakan Tabir Surya 

Saat beraktivitas di luar ruangan pada pagi dan siang hari, selalu gunakan tabir surya. Tabir surya merupakan produk mengandung SPF yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Umumnya, kandungan SPF minimal 30 sudah memberikan efek perlindungan terhadap kulit. Oleskan tabir surya setidaknya 15-20 menit sebelum Anda keluar rumah dan jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang di tengah hari. 

Artikel Lainnya: Apakah Sinar Matahari Baik untuk Imunitas Kulit?

  • Pilih Pakaian yang Tepat 

Saat beraktivitas ke luar rumah, gunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang agar kulit tak langsung terpapar sinar matahari. Anda juga dapat menggunakan topi, kacamata hitam, dan payung untuk melindungi bagian kepala dan mata dari sinar matahari. 

  • Minum Air Putih 

Sinar matahari yang terik dapat memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mencegahnya, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari, setidaknya 2 hingga 3 liter per hari.

Sinar matahari memang baik untuk tubuh, tetapi bila Anda berjemur di siang hari, terutama di atas jam 10, efeknya justru berbahaya.

Berbagai efek berjemur di siang hari bisa terjadi jika Anda melakukannya dalam waktu lama dan tanpa perlindungan. Karena itu, lakukan beberapa kiat di atas agar kulit tetap terlindung dari bahaya sinar matahari siang hari. 

Ketahui informasi kesehatan penting lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

berjemur

Konsultasi Dokter Terkait