Sukses

Mudah Banget, Ini 8 Cara Jaga Kesehatan Kulit!

Menjaga kesehatan kulit memang sangat penting. Jangan nyerah, begini cara merawat kulit dengan mudah.

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan memiliki fungsi penting bagi tubuh. Salah satu fungsi kulit yang penting antara lain sebagai mekanisme pertahanan pertama antara tubuh dengan lingkungan luar, melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan berbagai bahan kimia. Jadi, kesehatan kulit memang harus dijaga.

Selain itu, kulit juga berperan sebagai pengatur suhu tubuh, mengimbangi cairan, dan melindungi kulit dari paparan buruk sinar UV matahari. Banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit seperti faktor genetik, penuaan, hormonal, stres, dehidrasi, dan masih banyak lagi. Sehingga, merawat kulit amat penting agar kulit Anda senantiasa terjaga kesehatannya.

1 dari 2 halaman

Cara Merawat Kulit

Mengingat kulit memang harus dirawat, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan kulit? Simak dulu ya.

  1. Perbanyak Minum Air

Nah, inilah langkah yang harus dibiasakan agar kulit senantiasa sehat. Ya, perbanyaklah minum air. Dengan memperbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit.

  1. Gunakan Pelembap

Pelembap merupakan salah satu produk perawatan kulit terpenting yang telah digunakan secara luas. Pelembap umumnya memiliki beberapa kandungan utama, yang dibagi berdasarkan mekanisme kerjanya, yaitu emolien, humektan, dan oklusif.

Artikel Lainnya: Apakah Kulit Tubuh Anda Sehat?

Emolien bekerja dengan cara memperbaiki tekstur kulit, menghaluskan, dan melembutkan kulit. Sedangkan humektan berperan untuk menarik air dan oklusif dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Kulit yang kering lebih rentan mengalami infeksi dan peradangan. Untuk itu menggunakan pelembap secara rutin sangat penting. Usahakan untuk menggunakan pelembap segera setelah mandi agar dapat menyerap dengan baik.

Sesuaikan produk pelembap dengan jenis kulit Anda. Jangan sembarangan menggunakan pelembab, karena kondisi kulit Anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembap itu sendiri.

  1. Gunakan Tabir Surya

Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita memancarkan radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A.

Artikel Lainnya: Mitos dan Fakta tentang Kulit yang Anda Harus Tahu

Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit. Jika kulit terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu, dapat menyebabkan gangguan kulit dramatis seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu menggunakan tabir surya secara rutin sangat penting. Aplikasikan ulang tabir surya Anda setiap 2 jam.

Hal ini terutama apabila Anda berada di luar ruangan, berkeringat berlebih, berolahraga atau berenang. Keringat, air dan minyak di wajah dapat mengurangi kerja tabir surya Anda. 

  1. Istirahat yang Cukup

Tidur merupakan cara mudah untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan tentu tidak mengeluarkan biaya. The National Sleep Foundation di Amerika Serikat, menganjurkan orang dewasa untuk tidur 7-9 jam setiap harinya.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dari Luar dan Dalam

Kurang beristirahat tak hanya dapat meningkatkan risiko obesitas, menurunkan imunitas tubuh, diabetes, dan kanker, tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan kulit dan menyebabkan terjadinya penuaan dini. Saat tidur, tubuh akan “memperbaiki” sel – sel di dalam tubuh termasuk sel kulit.

  1. Hindari Merokok

Rokok tak hanya dapat merusak tubuh Anda tetapi juga kulit Anda. Nikotin dan zat–zat beracun yang terdapat di dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin (kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan kencang), sehingga kulit Anda pun akan terlihat lebih kendur dan timbul kerutan.

Selain itu rokok juga dapat merusak pembuluh darah sehingga aliran darah ke kulit menjadi terganggu, aliran oksigen tidak maksimal dan akibatnya kulit Anda menjadi kering dan kusam.

  1. Perbanyak Asupan Buah dan Sayur

Berdasarkan studi dari the British Journal of Nutrition disebutkan bahwa menjalani pola makan yang kaya akan buah dan sayuran dapat menurunkan risiko kematian dini, menurunkan risiko kanker, sindrom metabolik, penyakit jantung, depresi dan penyakit degeneratif di otak.

Artikel Lainnya: 7 Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat

Konsumsi banyak buah dan sayuran juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebagai contoh, buah tomat. Pada suatu studi yang dipublikasikan di jurnal scientific reports, disebutkan bahwa konsumsi tomat secara rutin setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker kulit hingga 50 persen setelah paparan sinar UV.

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Walau sudah melindungi kulit wajah menggunakan pelembap dan tabir surya, jangan lupa untuk bersihkan wajah ya. Terlebih lagi polusi udara yang menempel pada kulit tak boleh disepelekan.

Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make up yang tertinggal.

  1. Jalani Pola Hidup Sehat

Jalani pola makan yang sehat. Konsumsi makanan yang mencukupi kebutuhan gizi tubuh dengan seimbang. Makanan yang diproses dengan digoreng atau berminyak maupun dibakar, sedikit banyak memicu zat karsinogenik yang menyebabkan proses radikal bebas pada tubuh yang berakhir penuaan dini pada kondisi tubuh.

Merawat kulit tidak selalu harus mahal dan mengeluarkan biaya banyak. Yuk jaga kesehatan kulit Anda mulai dari sekarang dengan cara mudah di atas. Jangan ragu pula untuk segera mengonsultasikan keluhan Anda pada ahli kesehatan kulit yang berkompetensi. Pendapat mereka akan memperkaya khazanah pengetahuan secara instant.

(RPA)

3 Komentar