Sukses

Solusi Kulit Berjerawat

Timbulnya jerawat merupakan permasalahan lanjutan dari persoalan jenis kulit berminyak. Jerawat pada kulit umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dilapisan tengah kulit. Pada lapisan ini terdapat kelenjar lemak pilo sebacea, serta merta akibat pengaruh iklim, kosmetik, faktor keturunan, peningkatan jumlah hormon (pada masa menjelang menstruasi), debu, dan makanan berlemak (junk food), acapkali terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga demikiannya timbul jerawat pada kulit

KLIKDOKTER.com - Timbulnya jerawat merupakan permasalahan lanjutan dari persoalan jenis kulit berminyak. Jerawat pada kulit umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dilapisan tengah kulit. Pada lapisan ini terdapat kelenjar lemak pilo sebacea, serta merta akibat pengaruh iklim, kosmetik, faktor keturunan, peningkatan jumlah hormon (pada masa menjelang menstruasi), debu, dan makanan berlemak (junk food), acapkali terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga demikiannya timbul jerawat pada kulit.

Penting adanya ketika membersihkan kulit wajah gunakanlah sabun bayi yang dinilai aman bagi kulit orang dewasa atau dengan sabun yang pH-nya normal (pH 6-7).

Tidak sulit untuk mencegah timbulnya, kuncinya adalah hidup bersih dan pola makanan bergizi. Sisanya cukup hindari penggunaan kosmetik yang berganti-ganti merk.

Segeralah berkonsultasi dan berobat ke dokter jika terdapat kasus jerawat yang meradang, agar semakin cepat diberikan penanganan dan pengobatan secara medis. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan tanpa petunjuk dokter.

Setiap kasus jerawat memiliki keunikan tersendiri, masing-masing kasus pun memiliki cara penanganan yang berbeda satu sama lainnya. Dalam hal ini , pada umumnya terdapat tiga tipe jerawat dari tinjauan sifat dan penyebabnya:

TIPE 1 : Jerawat Normal

Tipe jerawat ini lebih dikenal dengan jerawat konvensional. Sangat mudah dikenali, umumnya berupa tonjolan kecil berwarna merah jambu atau kemerahan. Kasus ini terjadi karena pori-pori  mengalami penyumbatan oleh bakteri yang kemudian terinfeksi.

Selain itu terdapat juga pemicu timbulnya jerawat jenis ini, yakni depresi. Dikala tubuh dalam kondisi stress, hormon pada kulit akan akan memproduksi minyak lebih banyak, serta merta didukung kondisi udara yang lembab sehingga memperbesar kemungkinan timbulnya infeksi jerawat. Pencegahan:
Hidup bersih dan menjaga pola makan bergizi. Jagalah kebersihan wajah dengan mencuci wajah dengan cairan pembersih yang cocok dengan jenis kulit Anda. Sementara penjagaan pola makan sehat dan bergizi sangat kaya manfaat untuk mencegah timbulnya cadangan lemak berlebih pada wajah yang berpotensi menimbulkan jerawat. TIPE 2: Jerawat Komedo

Komedo merupakan nama ilmiah dari pori-pori yang mengalami penyumbatan. Penyumbatan yang terjadi pun terdapat dua jenis, penyumbatan terbuka dan penyumbatan tertutup. Komedo yang terbuka dikenal sebagai sebutan blackhead, bercirikan terlihat seperti pori-pori yg membesar dan menghitam.

Komedo yang tertutup, atau disebut juga dengan whitehead, bercirikan memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat. Demikian halnya seringkali terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih.

Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kalenjar minyak yg berlebihan pd kulit. Keadaan semakin  diperparah oleh pemakaian make-up yang mengandung minyak, didukung juga kondisi kulit sedang berkeringat bertemu udara yang panas dan lembab yang memicu penyumbatan pada pori-pori.

Pencegahan:
Senantiasa sediakan kertas penyerap minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah dikalan perlu. Untuk perawatan berkala, gunakan juga masker untuk penaganan kulit berminyak 1 minggu sekali. Dan tidak ketinggalan, senantiasa jaga kebersihan kulit dan menjalani pola makan yang bergizi.

TIPE 3: Jerawat Batu/Jerawat Jagung (Cystic Acne)

Kasus keadaan jerawat tipe ini termasuk kondisi akut, sesegera mungkin harus diberikan penanganan medis pada jenis kulit ini.

Acapkali penderita cystic-acne bersifat genetik, kondisi in mayoritas dipicu oleh kondisi:

(1) kelenjar minyak yang over-aktif yg membanjiri pori2 dgn minyak,

(2) pertumbuhan sel2 kulit yg tidak normal yg tdk bisa beregenerasi secepat kulit normal dan

(3) memiliki respons yg berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Pengobatan:
Diperlukan penanganan medis pada dokter ahli kulit. Jangan sembarangan menggunakan obat jerawat tanpa resep dokter.

Bagaimanapun, pencegahan lebih baik pengobatam. Karena itu untuk tindakan pencegahan timbulnya jerawat dianjurkan untuk menjaga pola makan untuk lebih mengonsumsi asupan yang lebih bergizi. Pun, penting pula  menjaga kebersihan wajah dan kulit. Jalani olahraga teratur, karena dengan rutin berolahraga, maka kadar depresi semakin menurun serta merta resiko timbulnya jerawat pun semakin berkurang.

Secara kesimpulan, gaya hiduplah yang memiliki peran penting dalam pencegahan timbulnya jerawat. Cobalah meminum air putih secara teratur dari pagi hari hingga sebelum tidur di malam hari sesuai kebutuhan tubuh agar melancarkan peredaran darah dan membantu metabolisme.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)


0 Komentar

Belum ada komentar