Sukses

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Penuaan adalah salah satu fenomena yang mutlak nan hakiki. Kita tidak dapat menghentikannya. Namun demikian kita dapat menunda dan menghambat proses penuaan. Sehingga fisik kita dapat tampil lebih muda dari usia yang sewajarnya. Untuk mendukung proses perlambatan penuaan, sejatinya kita juga harus mengetahui hal-hal yang menjadi pencetus penuaan dini, baik pencetus dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab penuaan dini dari luar, berikut paparannya

Oleh: dr. Jessica Florencia

KLIKDOKTER.com – Penuaan adalah salah satu fenomena yang mutlak nan hakiki. Kita tidak dapat menghentikannya. Namun demikian kita dapat menunda dan menghambat proses penuaan. Sehingga fisik kita dapat tampil lebih muda dari usia yang sewajarnya. Untuk mendukung proses perlambatan penuaan, sejatinya kita juga harus mengetahui hal-hal yang menjadi pencetus penuaan dini, baik pencetus dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab penuaan dini dari luar, berikut paparannya:

Faktor-faktor dari luar tubuh yang dapat mempercepat terjadinya penuaan adalah:

1. Merokok

a. Nikotin akan membuat sel-sel kulit kekurangan cairan sehingga kelembaban berkurang, kulit menjadi kusam, kering dan kasar.

b. Rokok secara umum menurunkan kadar vitamin A pada kulit wajah yang sebenarnya berfungsi sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

c. Tembakau membuat kerusakan kolagen kulit sehingga elastisitas berkurang dan kulit lebih mudah berkerut.

d. Merokok, terutama dalam jangka waktu yang lama, akan menurunkan aliran darah pada arteri dan kapiler kulit wajah, sehingga dapat menyebabkan kematian sel kulit. Berkurangnya aliran darah akan menyebabkan hambatan dalam aliran nutrisi dan oksigen ke kulit dan menumpuknya produk buangan pada sel-sel kulit.

e. Merokok juga mengurangi proses penyembuhan luka sehingga proses regenerasi kulit terganggu.

f. Pada saat merokok, paparan panas terus-menerus yang didapat dari rokok yang menyala juga ditemukan merusak elastisitas kulit wajah

2. Alkohol Konsumsi alkohol yang berlebihan (lebih dari 1 gelas pada wanita dan lebih dari 2 gelas pada pria) dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Seseorang yang minum alkohol berlebihan akan cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga akan menyebabkan buruknya asupan nutrisi kulit. 3. Nutrisi yang buruk

Asupan nutrisi yang rendah serat, rendah vitamin, rendah antioksidan dan asupan nutrisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan penurunan kondisi kulit. Sehari-harinya kulit memerlukan nutrisi untuk terus memperbarui sel dan melawan sinar matahari, polusi dan radikal bebas. Tanpa nutrisi yang baik maka kulit akan tampak buruk. Kondisi kulit seseorang banyak dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakannya.

4. Paparan sinar matahari

a. Diperkirakan, sekitar 80% penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari, terutama sinar ultra violet dapat secara langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit.

b. Paparan sinar ultraviolet juga menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit.

c. Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan terjadinya pembentukan bercak-bercak pigmentasi pada kulit.

d. Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan menurunnya fungsi kekebalan kulit sehingga tidak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker kulit.

5. Polusi a. Polusi yang berat dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon bumi sehingga dapat menyebabkan peningkatan radiasi sinar ultraviolet, terutama sinar ultraviolet B yang dapat menyebabkan kanker kulit. b. Serupa dengan paparan sinar UV, polusi juga dapat menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen kulit.

Agar kulit kita terhindar dari penuaan dini, maka sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan asupan nutrisi yang tepat untuk melawan polusi dan radikal bebas, menghindari rokok dan alkohol serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Kulit perlu dirawat dengan teliti sehingga setiap kita dapat menjalani pertambahan usia dengan anggun dan bersahaja.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)


0 Komentar

Belum ada komentar