Sukses

Keluarga Berantakan, Anak Takut Ke Dokter Gigi

Seiring dengan makin meningkatnya kesadaran dan perhatian akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, makin banyak orang tua terutama para Ibu yang ingin membawa anaknya berobat ke dokter gigi.

Oleh: drg. Martha Mozartha
 
Seiring dengan makin meningkatnya kesadaran dan perhatian akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, makin banyak orangtua terutama para Ibu yang ingin membawa anaknya berobat ke dokter gigi. Namun apa daya jika si kecil menolak mentah-mentah bahkan sangat takut saat akan dibawa ke dokter gigi.

Studi yang baru-baru ini dilakukan oleh para peneliti dari Sahlgrenska Academy,University of Gothenburg Swedia mengungkapkan bahwa anak dan remaja dengan ketakutan yang berlebihan akan perawatan gigi datang dari keluarga yang kurang harmonis.

Penelitian tersebut melibatkan 250 anak dan remaja yang memiliki masalah gigi namun membutuhkan  penanganan khusus dan dirawat oleh dokter gigi spesialis gigi anak, karena subyek bermasalah dalam manajemen perilaku dan sangat takut ke dokter gigi. Anak-anak tersebut beserta orangtuanya mengisi kuesioner yang menggambarkan situasi dalam rumah tangga dan kehidupan sehari-harinya. Jawaban tersebut dibandingkan dengan pasien-pasien dari kelompok usia yang sama, yang juga bermasalah gigi namun cukup ditangani dengan perawatan gigi biasa dan tidak membutuhkan penanganan khusus.

Setelah dianalisa, Dr. Gustafsson sang peneliti mendapatkan bahwa anak-anak dan remaja dengan masalah manajemen perilaku memiliki ketakutan akan perawatan gigi yang jauh lebih besar dan hidup dalam keluarga dengan kelas sosial ekonomi rendah. Banyak diantaranya yang hidup dengan orangtua tunggal, kurang memiliki waktu bersenang-senang dan mengalami lebih banyak masalah psikososial daripada pasien yang hanya menerima perawatan gigi biasa.

Selain itu para orangtua dari anak-anak tersebut juga mengakui bahwa mereka pun sangat takut akan perawatan gigi dan memiliki lebih banyak kecemasan dan kekhawatiran daripada orang tua anak yang menerima perawatan gigi biasa. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](MM)


 

 

0 Komentar

Belum ada komentar