Diabetes

Hidup Sehat dengan Diabetes

KlikDokter, 15 Nov 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sampai diagnosis diabetes membatasi Anda dari memiliki hidup yang produktif. Diabetes meningkatkan risiko penderitanya untuk memiliki berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

Hidup Sehat dengan Diabetes

Oleh: dr. Alvin Nursalim

Klikdokter.com - Jangan sampai diagnosis diabetes membatasi Anda dari memiliki hidup yang produktif. Diabetes meningkatkan risiko penderitanya untuk memiliki berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Namun komplikasi diabetes tersebut dapat dicegah  dengan perhatian yang lebih serius terhadap beberapa aspek kehidupan Anda!

Pertama, untuk memulai hidup sehat dengan diabetes, Anda harus memahami pengertian dari diabetes.  Salah satu mekanisme terjadinya penyakit diabetes adalah kerusakan sel pankreas mengeluarkan insulin. Insulin merupakan enzim yang dibutuhkan oleh sel tubuh kita untuk mengambil glukosa, yang merupakan sumber energi utama tubuh.

Untuk memudahkan anda memahami penyakit ini, mari simak perumpamaan ini. Analogi yang mudah dipahami adalah insulin seperti pom bensin yang berfungsi memasukkan bensin berupa glukosa ke dalam mesin tubuh kita. Tentu tanpa insulin, sel tubuh kita akan kekurangan sumber energi yaitu glukosa. Glukosa yang tidak dapat masuk ke sel tubuh akan menumpuk di darah sehingga menyebabkan ciri khas dari penyakit diabetes yaitu kadar gula darah yang tinggi.

Risiko kesehatan diabetes

Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit di masa depan. Salah satu mekanisme terjadinya komplikasi pada pasien diabetes adalah keadaan gula darah yang berlebihan di dalam darah dapat merusak dinding pembuluh darah. Apabila penyakit ini tidak terkontrol dengan baik maka terdapat beberapa penyakit yang dapat terjadi, seperti:

  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Kerusakan saraf
  • Luka yang sulit sembuh
  • Kebutaan karena penyakit retina mata

Cara hidup sehat dengan diabetes

Walaupun diabetes dapat meningkatkan risiko Anda menderita berbagai penyakit seperti yang dipaparkan diatas, Anda tidak perlu takut karena terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit tersebut. Selain pengobatan dan kontrol rutin ke dokter, ada beberapa langkah kunci untuk mencegah komplikasi diabetes.

  • Jaga berat badan

Berat badan yang ideal akan membantu Anda menjaga kestabilan gula darah, tekanan darah dan kolesterol.

Pola makan yang disarankan adalah pola diet rendah lemak, garam dan gula. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan gula sama sekali. Makanlah gula dan berlemak dalam porsi sedang.

  • Jangan merokok

Merokok meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit jantung dan stroke. Jadi jika Anda merokok, carilah bantuan dan berhentilah merokok sekarang!

  • Olahraga

Olahragalah teratur dengan durasi minimal 30 menit setiap hari, lima kali seminggu. Olahraga rutin membantu Anda untuk tetap sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Olahraga bukan berarti Anda harus tergabung dalam gym atau tempat fitness yang mahal, karena terdapat berbagai cara lain untuk berolahraga. Olahraga sederhana dapat berupa berlari, bermain bersama anak Anda atau aktivitas lain yang meningkatkan denyut jantung Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

ButaKencing ManismakananDietJantunggula darahDiabetesPenanganan DiabetesHipertensi

Konsultasi Dokter Terkait