Gigi Mulut

Mendapatkan Gigi Cantik & Putih Instant dengan Laser

Klikdokter, 28 Sep 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Seperti halnya warna rambut dan kulit yang berbeda-beda pada tiap orang, demikian juga warna gigi. Jarang ada orang yang memiliki gigi benar-benar putih cemerlang, dan makin tua usia biasanya warna gigi makin kuning

Mendapatkan Gigi Cantik & Putih Instant dengan Laser

Oleh : drg. Martha Mozartha

Seperti halnya warna rambut dan kulit yang berbeda-beda pada tiap orang, demikian juga warna gigi. Jarang ada orang yang memiliki gigi benar-benar putih cemerlang, dan makin tua usia biasanya warna gigi makin kuning. Senyum yang cantik dan gigi yang putih dapat diperoleh dengan perawatan tooth bleaching (pemutihan gigi).  Ada beberapa metode perawatan, salah satu yang efektif dan makin banyak dipakai adalah metode pemutihan gigi dengan laser.

Cara ini memiliki kelebihan yaitu tanpa rasa sakit, proses pemutihan lebih cepat, dan hasilnya cukup maksimal dengan hanya satu kali kunjungan. Namun perawatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi, yang berkompeten dan berpengalaman karena salah-salah malah justru berpotensi mengiritasi gusi dan sekitarnya. Pasien juga harus menyadari bahwa hasil perawatan antara satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda, dan tidak semua kasus gigi dapat diputihkan dengan metode pemutihan ini.

Sebelum memulai perawatan, gigi terlebih dulu harus dibersihkan dari plak dan karang gigi. Prosedur perawatan bleaching gigi dengan laser tetap menggunakan gel pemutih gigi seperti halnya metode home bleaching. Gel tersebut mengandung peroksida dengan kadar tertentu yang dioleskan secara hati-hati ke permukaan gigi, dan gusi ditutup dengan pelindung khusus.  Kemudian diaplikasikan sinar laser untuk mengaktivasi gel, biasanya memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Kekurangan utama dari metode pemutihan gigi dengan laser adalah biayanya yang mahal. Setelah menjalani perawatan, pasien disarankan untuk mempertahankan giginya yang sudah lebih putih dari sebelumnya. Caranya antara lain dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, tidak merokok dan kurangi konsumsi kopi, teh, anggur, dan minuman/makanan lain yang tinggi kandungan zat warna baik alami maupun sintetik.[](MM/JRA)

 

 

 

 

Formula Kesehatan Gigi & Mulut

Konsultasi Dokter Terkait