Sukses

Menjaga Mood Tetap Asyik

<p align="justify">RESAH, begitulah yang kerap kali dirasakan oleh para wanita ketika menstruasi datang menjelang,. Belum datang saja tubuh sudah serasa tidak beres. Belum lagi Mood yang tiba- tiba bisa berubah,dan, seringkali tidak </p>

RESAH, begitulah yang kerap kali dirasakan oleh para wanita ketika menstruasi datang menjelang,. Belum datang saja tubuh sudah serasa tidak beres. Belum lagi Mood yang  tiba- tiba bisa berubah,dan, seringkali tidak mempertimbangkan situasi. Belum lagi ditambah dengan rasa malas, kesal atau terkadang ingin marah kepada sesuatu yang tidak jelas.Hal ini membuat semua kegiatan jadi berantakan, Termasuk ketika sedang asik merencanakan liburan. Semua kesenangan depan mata, tiba- tiba hancur berantakan tidak jadi dijalankan.

Mood-swings yang terjadi sebelum atau saat datang bulan itu disebabkan oleh perubahan situasi hormon-hormon di tubuh wanita. dan biasanya terjadi di awal masa menstruasi. Tapi sebenarnya, jangan jadikan ini sebagai kendala . Atasi dengan cara alami yang mudah yaitu dengan mengenali tahapan siklus sebagai berikut, dengan demikian pasti Anda akan tahu bagaimana solusi menghadapinya!:

  • Minggu ke-1 : Minggu Setelah Menstruasi
  • Pada minggu pertama setelah menstruasi selesai, fluktuasi hormon esterogen mulai naik. Akibatnya secara psikologis Anda bakal merasa lebih percaya diri, bersemangat dalam menghadapi aktifitas harian Anda. Jadi, manfaatkanlah kondisi menyenangkan ini untuk melaksanakan rencana-rencana liburan Anda.

    Sebagai saran, hindari melakukan kegiatan liburan yang dapat menimbulkan rasa sakit, karena pada saat ini biasanya kulit Anda sedang dalam kondisi sensitif. Jadi, rawatlah kulit dengan hati-hati dan jangan lupa memakai perawatan atau pelindung kulit jika ingin beraktivitas di luar ruang (outdoor).

  • Minggu ke-2 : Masa Ovulasi
  • Inilah saat hormon esterogen berada pada titik puncak dan produksi hormon progesteron juga meningkat. Efek psikologis yang Anda rasakan saat ini adalah merasa diri sangat seksi, sensual dan penuh gairah. Tak heran jika pada kondisi ini Anda bisa sangat menikmati hubungan cinta bersama pasangan dan sekaligus terlihat menarik bagi pasangan. Manfaatkanlah kondisi ini untuk menebarkan pesona dan energi positif Anda kepada semua orang. Gunakan liburan Anda untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat Anda dan melakukan kegiatan yang positif, dengan begitu semua orang akan lebih menyukai Anda.

    Sebagai saran, pakailah parfum kesayangan Anda. Sebab pada minggu ini indra penciuman Anda sedang dalam keadaan yang sangat baik. Satu lagi, bagi yang belum ingin memiliki keturunan, jangan lalai memakai kontrasepsi karena saat ini Anda sedang sangat subur.

  • Minggu ke-3 : Pra Menstrual Syndrome (PMS)
  • Saat ini, jumlah hormon esterogen mulai menurun dan fluktuasi hormon progesteron mulai tidak stabil. Anda mulai merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti mudah jengkel, sering marah, cepat merasa frustasi dan mudah menangis. Jika sudah begini, lebih baik hindari beraktifitas pada jam-jam sibuk dan hal-hal yang bisa membangkitkan emosi Anda.

    Sebagai saran, perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan magnesium. Manjakan diri sendiri dengan relaksasi selama liburan, isi hari-hari libur Anda dengan aktivitas yang tidak terlalu menguras tenaga, seperti membaca buku, mendengarkan musik kesayangan, ataupun merawat diri di salon. Hindari kafein agar gejala PMS tak semakin parah, perbanyak minum minuman yang mengandung kunyit agar masa PMS Anda tidak disertai dengan nyeri di perut. Liburan dengan melakukan waxing dan peeling wajah juga dianjurkan.

  • Minggu ke-4 : Masa Menstruasi
  • Pada kondisi ini, semua hormon dalam tubuh sedang dalam kondisi rendah atau 'tidur'. Jadi tak heran jika Anda lebih sering merasa lelah dan selalu ingin berbaring atau tiduran. Usahakan untuk banyak beristirahat agar tubuh dapat melakukan regenerasi. Minggu ini adalah saatnya Anda beristirahat dari kegiatan liburan Anda.

Di masa seperti ini, sah- sah saja untuk menyantap banyak cokelat, karena makanan lezat ini bisa membantu tubuh Anda melepaskan hormon serotonin yang menimbulkan rasa gembira dan riang. Dan sebagai pereda nyeri dan antibiotik, jangan lupa untuk mengonsumsi minuman yang mengandung rempah-rempah alami seperti kunyit yang secara klinis dan telah teruji medis terbukti membantu melancarkan menstruasi dan mengurangi nyeri apabila dikonsumsi rutin.[](JRA/DA)

0 Komentar

Belum ada komentar