Sukses

Makanan Selama Kehamilan

Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi ditperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.
Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan adalah dengan cara melakukan diet makan yang sehat, tidak saja membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga untuk perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungan anda.

Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi ditperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang anda makan dan cara makan anda selama kehamilan ini. Untuk itu perlunya kita mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan ini.

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan:
  • Makanlah dengan lebih teratur. Tepat waktu. Makanlah dengan asupan nutrisi yang tepat.
  • Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin
  • Jangan diet selama masa kehamilan. Orientasi orang pada istilah diet adalah mengurangi porsi makan. Diet yang dimaksut disini adalah merubah asupan nutrisi dari porsi yang sudah ada. Bukan mengurangi jumlah porsi makanan.
  • Makanlah dengan porsi pas. Tidak berlebihan, dan tidak kekurangan. Makan dengan jumlah porsi kecil namun dengan dalam intensitas sering lerupakan cara yang lebih baik.
  • Konsumsi vitamin untuk ibu hamil secara teratur.
  • Minum air yang cukup.
  • Perhatikan keseimbangan gizi mengonsumsi makanan yang berserat, buah-buahan dan sayuran.
Makanlah dengan lebih teratur. Tepat waktu. Makanlah dengan asupan nutrisi yang tepat.
Dalam masa kehamilan, maka diet makanan anda harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil. Penting adanya untuk memerhatikan waktu makan. Juga selama masa kehamilan, anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi anda juga. Ingat anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.

Hindari makanan yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin
Daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alkohol, minuman keras, Narkoba,  bahkan cafein.

Jangan diet selama masa kehamilan.
Seperti yang sudah dijelaskan diatas,  persepsi orang kebanyakan mengenai diet adalah mengurangi jumlah porsi makan, karena metode ini memang banyak digunakan pada orang yang bertujuan mengurangi berat badan. Kehamilan bukan masa yang tepat untuk diet semacam tersebut, hal tersebut hanya akan membahayakan ibu dan bayi.

Diet dalam rangka mengurangi berat badan selama hamil akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Pertambahan berat badan pada kehamilan merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang makan dengan baik akan bertambah berat badannya secara bertahap, umumnya akan melahirkan bayi yang sehat.
Makanlah dengan porsi kecil namun sering
Pada trimester pertama masa kehamilan biasanya terdapat keluhan mual muntah(morning sickness), cobalah atasi dengan makan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan pedas dan berminyak.
Makan dengan porsi yang kecil tapi dilakukan beberapa kali dianjurkan setiap 4 jam. Ingatlah meskipun anda tidak lapar tetapi bayi anda membutuhkan makanan/nutrisi secara teratur.
Minum vitamin ibu hamil secara teratur
Makanan yang anda konsumsi adalah sumber vitamin yang paling baik. Pastikan makanan yang Anda konsumsi cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan, terutama zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat. Untuk itu anda sebaiknya meminum vitamin anda secara teratur.
Minum air yang cukup
Minumlah air hingga 8 gelas sehari. Karena kebutuhan cairan tubuh Anda harus mencukupi kebutuhan tubuh untuk bayi anda. Faktanya, sekitar 33 % pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk sistem sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.
Makananlah makanan yang berserat, buah-buahan dan sayuran
Perbanyaklah makan asupan yang berserat tinggi , buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi anda selama kehamilan.

Dengan melakukan cara makan yang sehat, bukan hanya membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga membantu perkembangan yang sehat bagi bayi anda

Ingatlah perkembangan bayi anda sangat tergantung dari apa yang anda berikan dan lakukan baginya.[]

0 Komentar

Belum ada komentar