HomeInfo SehatJantungPengendalian Kolesterol
Jantung

Pengendalian Kolesterol

Tim Redaksi KlikDokter, 23 Jul 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tujuan hakiki mengendalikan kadar kolesterol dalam darah adalah untuk menekan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Kolesterol adalah lemak, serta merta logika paling dasarnya untuk

Pengendalian Kolesterol

Tujuan hakiki mengendalikan kadar kolesterol dalam darah adalah untuk menekan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Kolesterol adalah lemak, serta merta logika paling dasarnya untuk mengendalikan kandungan lemak di dalam tubuh adalah membatasi asupan lemak yang terdapat di menu makanan kita sehari-hari.

Dengan mengendalikan pola makan, Anda sudah mengawali langkah yang sangat bagus untuk hidup sehat. Diet rendah lemak juga memberikan manfaat menjaga kita aman dari ancaman obesitas.

Tidak luput lakukanlah aktivitas fisik teratur. Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur dapat membantu meningkatkan kadar HDL. Apabila olaharaga dilakukan secara teratur, dapat membantu mengontrol diabetes, tekanan darah tinggi, dan berat badan-seluruh faktor risiko penyakit jantung.

Selain beraktivitas rutin olahraga, bagi yang merokok, Anda harus dan mau tidak mau serta suka tidak suka harus berhenti merokok. Karena merokok dapat merendahkan kadar HDL dan merusak dinding pembuluh darah sehingga meningkatkan potensi terjadinya timbunan kolesterol LDL di dinding pembuluh darah sehingga terjadi timbunan plak yang berpotensi menjadi penyumbatan pembuluh darah.

Penting juga untuk kita tetap mengawasi kadar kolesterol dengan memeriksakan kadarnya secara berkala. Dengan demikian, pergerakan kadar kolesterol dalam darah dapat terpantau dengan baik.[](DA)

Pengendalian Kolesterol

Konsultasi Dokter Terkait