Kesehatan Mental

Mengenal Fenomena I Hate Monday Menurut Psikologi dan Cara Mengatasinya

Christovel Ramot, 19 Feb 2024

Ditinjau Oleh Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog

Fenomena i hate monday terbentuk karena adanya Pygmalion Effect yang menciptakan ekspektasi buruk tentang hari senin, sehingga kebanyakan orang tidak menyukainya.

Mengenal Fenomena I Hate Monday Menurut Psikologi dan Cara Mengatasinya

I Hate Monday adalah salah satu fenomena “perasaan membenci hari Senin” yang kian berkembang di kalangan para pekerja atau karyawan kantoran.

Hari Senin bagi beberapa orang memang diartikan sebagai hari yang berat untuk dijalani, karena mulai bekerja kembali setelah libur seringkali membutuhkan motivasi lebih. Inilah yang menjadi landasan munculnya istilah I Hate Monday.

Fenomena I Hate Monday bisa berdampak pada kondisi psikologis seseorang, jika tidak disadari dan diantisipasi lebih awal.

Memiliki perasaan tersebut dapat berdampak pada produktivitas dan kesehatan mental dalam bekerja.

Psikolog Iswan Saputro dan tim redaksi KlikDokter akan menjelaskan tentang penyebab fenomena I Hate Monday bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab I Hate Monday Menurut Pygmalion Effect

Ungkapan kebencian atau ketidaknyamanan yang menciptakan istilah I Hate Monday bisa dijelaskan secara psikologis.

Penyebab fenomena I Hate Monday mudah menyebar dan dirasakan oleh banyak orang karena adanya kesamaan keyakinan (belief), pengalaman tidak menyenangkan, dan ekspektasi terhadap hari Senin.

Ekspektasi terhadap sesuatu akan menentukan bagaimana motivasi kita dalam menjalani atau melakukannya.

Kondisi ini kemudian dapat dijelaskan melalui sebuah fenomena psikologis bernama Pygmalion Effect.

Pygmalion Effect menjelaskan bahwa semakin baik ekspektasi yang diberikan atau diterima seseorang, semakin baik pula performa yang ditunjukan oleh orang tersebut.

Singkatnya persepsi atau ekspektasi terhadap sesuatu dapat menjadi kenyataan ketika kita meyakini hal tersebut akan terjadi.

Persepsi atau ekspektasi terhadap hari Senin dapat mempengaruhi bagaimana motivasi dan kondisi psikologis kita dalam menjalani hari.

Namun, jika hari Senin sampai membuat Kamu merasa cemas dan takut berlebihan maka segeralah mencari bantuan profesional.

Cara Mengatasi Dampak Negatif I Hate Monday

Tentu kita pasti berusaha untuk memberikan yang terbaik setiap harinya. Namun, tidak jarang banyak faktor yang membuat menjalani hari Senin terasa lebih berat. Lakukan hal berikut sebelum memasuki hari Senin:

1. Pahami sumber ketidaknyamanan

Penting untuk mencoba memahami mengapa Kamu merasa tidak nyaman dengan hari Senin. Apakah disebabkan pekerjaan yang tidak disukai, terlalu banyak tugas yang menunggu, atau menghindari orang tertentu? Identifikasi sumber ketidaknyamanan adalah langkah pertama untuk mengatasinya.

2. Buat aktivitas akhir pekan yang berkesan

Hari libur atau akhir pekan dapat Kamu rencanakan dengan melakukan sesuatu yang berkesan. Kesan positif dari akhir pekan akan menjaga suasana hati menjadi baik dalam menyambut hari Senin.

3. Istirahat yang cukup

Ditengah aktivitas atau produktivitas yang Kamu lakukan, istirahat yang cukup tetap menjadi prioritas.

Badan yang lelah akan mempengaruhi suasana hati menjadi buruk dan menurunkan motivasi untuk produktif.

4. Membuat rencana berjangka

Tidak semua hal harus Kamu lakukan atau selesaikan pada hari Senin. Buatlah prioritas dan rencana berjangka untuk merealisasikan rencana yang sudah Kamu buat untuk beberapa waktu kedepan.

5. Mencari sumber motivasi baru

Semakin bertambahnya tanggung jawab maka semakin membutuhkan banyak motivasi baru untuk mendorong semangat.

Temukan dan buat motivasi baru dimulai dari sisi keluarga, cita-cita, dan kebahagiaan Kamu dimasa depan.

6. Bangun lebih awal

Bangun lebih awal dapat meminimalisir perasaan tergesa-gesa dan cemas saat memulai hari Senin. Memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri dapat memberikan ketenangan.

7. Luangkan waktu untuk sarapan

Jika Kamu terbiasa sarapan, luangkan waktu makan makanan yang membuat Kamu berenergi dan senang.

Rasa lapar seringkali membuat sensitivitas terhadap situasi tidak nyaman menjadi meningkat dan cenderung bersikap agresif.

8. Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik di rumah atau kos dapat membantu Kamu memulai hari dengan cara yang positif, misalnya dengan menyapu, membersihkan tempat tidur, olahraga, atau menyiram tanaman.

9. Dengarkan musik favorit

Mendengarkan musik favorit terbukti dapat mempengaruhi suasana hati. Memulai hari Senin dengan sesuatu yang disukai dapat menjaga antusiasme dalam menjalani hari.

10. Visualisasikan keberhasilan

Membayangkan keberhasilan atau kesuksesan yang Kamu harapkan dapat meningkatkan motivasi dalam memulai hari Senin.

Hal ini menguatkan bahwa apa yang dilakukan hari ini mendekatkan diri Kamu kepada keberhasilan.

11. Berbagi cerita dengan orang terdekat

Menceritakan apa yang ingin Kamu lakukan hari Senin atau selama satu minggu kepada orang terdekat dapat meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan risiko kesepian dalam menjalani hari.

12. Mulai hari dengan prioritas

Prioritas membantu Kamu untuk menjaga fokus dan mengelola waktu lebih efektif. Menjalani hari Senin tanpa ada prioritas akan membuat Kamu mudah merasa bingung, cemas, dan tidak terarah dalam beraktivitas.

13. Luangkan waktu istirahat

Memanfaatkan waktu luang dengan istirahat dapat menjaga motivasi dan mencegah kelelahan yang berlebih.

Tidur siang singkat, minum air putih atau meregangkan tubuh (stretching) dapat membuat waktu luang lebih bermanfaat.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi sindrom "I Hate Monday". Ingatlah bahwa kesejahteraan mental dan emosional sangat penting, jadi jangan ragu untuk mencari dukungan jika perasaan negatif berlanjut atau memburuk.

Dengan langkah-langkah yang tepat, Kamu dapat mengubah pandangan tentang Senin pagi dan menghadapinya dengan semangat dan produktivitas yang lebih baik.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar psikologi, Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter Psikolog atau buat janji dengan Psikolog di aplikasi KlikDokter.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kesehatan Kamu dan keluarga. Pesan layanan pemeriksaan kesehatan  bisa dilakukan secara online.

Jika ingin membeli obat dan suplemen, Kamu bisa beli dengan mudah dan cepat di KALStore. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

Konsultasi Dokter Terkait