Sukses

Pengertian

Varikokel merupakan kondisi di mana terjadi pelebaran pembuluh vena di kantung testis. Pembesaran vena ini serupa dengan varises pada kaki. Varikokel sendiri paling sering terjadi di skrotum kiri dan dialami 10 dari 100 laki-laki.

Umumnya penderita varikokel tidak mengeluhkan nyeri dan tidak memerlukan terapi khusus. Walau demikian, pada beberapa kasus varikokel dapat memengaruhi produksi dan kualitas sperma serta pertumbuhan testis.

Diagnosis

Penetapan diagnosis varikokel dapat melalui berbagai cara, seperti:

  • Pemeriksaan fisik berupa pembesaran pada skrotum
  • USG untuk melihat adanya kemungkinan penyebab lain, seperti tumor pada testis

Penyebab

Sampai saat ini tidak diketahui pasti penyebab varikokel. Walau demikian, para ahli berpendapat bahwa varikokel dapat terbentuk akibat gangguan katup pada pembuluh darah vena.

Gangguan katup ini menyebabkan aliran darah tidak berjalan lancar dan menyebabkan bendungan di bagian vena tertentu. Bendungan pada vena ini menyebabkan dindingnya melebar dan pembengkakan pada daerah sekitarnya.

Gejala

Varikokel sering kali dialami tanpa ada gejala yang bermakna. Pada beberapa kasus, varikokel dapat disertai dengan nyeri ringan. Selain itu, gejala yang muncul dapat berupa rasa tidak nyaman di sekitar skrotum yang bertambah ketika berdiri lama. Keluhan akan perlahan mereda dengan posisi berbaring dan istirahat.

Pada kondisi tertentu, varikokel dapat memengaruhi kualitas dan produksi sperma. Oleh karena itu tidak jarang infertilitas atau gangguan kesuburan menjadi alasan utama ketika pasien berobat pertama kalinya.

Pengobatan

Sebagian besar kasus varikokel tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun apabila timbul nyeri, gangguan kesuburan atau testis menjadi mengecil, pengobatan dapat diberikan berupa:

  • Operasi terbuka yang dilakukan dengan sayatan di lipatan paha atau perut bawah
  • Operasi laparoskopi dengan membuat sayatan kecil di perut dan menggunakan alat kecil yang akan memperbaiki struktur vena di dalam skrotum
  • Embolisasi yaitu dengan memasukkan cairan atau sumbatan pada pembuluh darah vena yang membesar dengan tujuan menghambat aliran darah ke vena tersebut.

Komplikasi

Jika tidak ditangani dengan baik, varikokel dapat menyebabkan testis testis mengecil dan pada akhirnya tidak dapat berfungsi sama sekali. Ketika sudah tidak berfungsi, kemampuan reproduksinyalah yang akan dikorbankan. Testis tidak lagi mampu memroduksi sperma dan kalaupun bisa, kualitasnya tidak seoptimal seharusnya.

Pencegahan

Tidak ada pencegahan spesifik yang dapat dilakukan untuk menghindari varikokel.