Sukses

Pengertian

Tumor Askin merupakan salah satu jenis tumor neuroektodermal primitif perifer dan umumnya terjadi pada dinding dada. Pemeriksaan genetik terbaru menyimpulkan bahwa tumor tersebut merupakan kondisi yang serupa dengan sarkoma Ewing.

Sebagai bagian dari kelompok kolektif penyakit Ewing sarcoma family of tumours (ESFT), demografi, hasil pencitraan, dan kemampuan penyembuhannya sama. Penyakit ini tergolong cukup langka,

Penyebab

Penyebab tumor Askin belum diketahui secara pasti. Meski demikian, kondisi ini diduga berkaitan dengan adanya mutasi deoxyribonucleic acid (DNA) pada beberapa jaringan tubuh.

Tumor jenis ini umumnya terdiri dari sel tumor bulat kecil yang timbul dari sel saraf primitif pada sistem persarafan. Namun demikian dapat juga terjadi di luar sistem saraf pusat, seperti pada dinding dada, pelvis, atau ekstremitas.

Gejala

Umumnya, tumor Askin ditandai dengan adanya massa yang dapat timbul pada lokasi tertentu di tubuh, seperti dinding dada, paru-paru, rongga dada, atau berbagai lokasi lainnya. Pada kasus yang lebih jarang, tumor askin dapat ditemukan pada sistem saraf pusat.

Tumor Askin yang tumbuh area dada cukup invasif dan dapat melibatkan tulang, atau menjalar ke organ limfe, adrenal, atau hati. Pada 60 persen kasus, nyeri merupakan satu-satunya tanda dan gejala yang timbul.

Diagnosis

Diagnosis dari tumor Askin dapat ditentukan dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang tertentu. Beberapa jenis pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan pencitraan menggunakan sinar X, computerized tomography (CT), dan magnetic resonance imaging (MRI).

Penanganan

Penanganan dari kondisi ini bergantung dari berbagai faktor, di antaranya ukuran tumor dan penyebaran. Tumor kecil yang terlokalisasi dan belum menyebar dapat ditangani secara pembedahan dengan diikuti oleh kemoterapi dan/atau radiasi.

Tumor dengan ukuran yang besar dan telah menyebar umumnya ditangani dengan radiasi dan kemoterapi. Pada penderita tipe ini, pembedahan dapat juga dibutuhkan berdasarkan ukuran tumor, lokasi, dan tanda serta gejala yang terjadi.

Pencegahan

Karena penyebab dari tumor Askin belum diketahui secara pasti, belum terdapat metode yang efektif secara sepenuhnya dalam mencegah terjadinya kondisi tersebut.