Sukses

Pengertian

Spasmus nutans adalah suatu kelainan yang umumnya terjadi pada bayi dan anak-anak. Kelainan ini merupakan kondisi di mana terdapat gerakan mata yang cepat dan tidak dapat dikontrol, anggukan kepala, dan terkadang posisi leher yang abnormal.

Pada sebagian besar kasus, spasmus nutans dapat mulai diamati pada usia empat bulan hingga satu tahun. Kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya setelah beberapa bulan atau tahun.

Penyebab

Penyebab dari spasmus nutans hingga saat ini masih tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, kondisi ini sering dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan lainnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara spasmus nutans dan defisiensi zat besi atau vitamin D. Pada kasus yang sangat jarang, gejala yang menyerupai spasmus nutans juga dapat disebabkan oleh tumor otak atau kondisi lainnya.

Gejala

Terdapat beberapa tanda dan gejala dari spasmus nutans. Tanda yang dapat dikenali bisa berupa:

  • Gerakan mata yang cepat dan tidak dapat dikendalikan, yang disebut nistagmus.
  • Anggukan kepala.
  • Posisi kepala yang miring.

Diagnosis

Penentuan diagnosis dari spasmus nutans dapat dilakukan berdasarkan wawancara medis secara mendetail, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan penunjang tertentu.

Beberapa jenis pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah computerized tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), dan elektroretinografi, yang merupakan sebuah pemeriksaan untuk mengukur respons listrik dari retina (bagian belakang mata).

Penanganan

Umumnya, spasmus nutans yang tidak disertai oleh kondisi kesehatan tertentu dapat mereda dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu. Namun, apabila spasmus nutans terjadi berhubungan dengan penyakit lain, maka dokter akan merekomendasikan penanganan yang sesuai dengan kondisi kesehatan tersebut.

Pencegahan

Karena penyebab dari spasmus nutans masih tidak diketahui secara pasti, maka belum terdapat cara yang terbukti efektif secara sepenuhnya untuk mencegah terjadinya kondisi ini.