Sukses

Pengertian

Pinguecula adalah pertumbuhan benjolan yang bersifat jinak pada konjungtiva mata. Konjungtiva adalah lapisan tipis yang melapisi bagian mata yang berwarna putih.

Pinguecula dapat muncul pada siapa saja dan di usia berapa pun. Meski demikian, kondisi ini lebih sering ditemukan pada orang-orang berusia paruh baya dan lanjut usia.

Karena bersifat jinak, pinguecula pada dasarnya tidak membahayakan jiwa orang yang memilikinya. Penyakit ini biasanya tidak perlu dihilangkan, kecuali jika sudah dirasa menggangu penglihatan. Namun pinguecula yang sudah dihilangkan dapat muncul kembali.

Penyebab

Pinguecula terdiri dari lemak, kalsium atau keduanya. Penyebab pastinya masih belum diketahui hingga saat ini. Namun demikian, pinguecula kerap dihubungkan dengan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain paparan terhadap sinar matahari, debu atau angin.

Pinguecula lebih sering terjadi para orang lansia. Meski demikian, tidak dapat dipastikan bahwa kondisi ini disebabkan karena usia tua.

Diagnosis

Biasanya dokter akan dapat mendentukan diagnosis pinguecula melalui pemeriksaan fisik mata. Dokter akan dapat langsung mengenali pinguecula dari penampakannya. Pemeriksaan visus mata juga penting dilakukan sebagai indikasi untuk melakukan tindakan.

Gejala

Pinguecula memiliki penampakan yang khas, yaitu berwarna kekuningan dan memiliki bentuk segitiga. Pinguecula tumbuh dari pinggir mata atau tengah mata ke arah tengah hingga dapat menutupi kornea. Kornea merupakan lapisan transparan yang melapisi pupil (bagian tengah mata) dan iris (bagian mata yang berwarna).

Pada beberapa kasus pinguecula dapat berukuran besar. Meski demikian hal ini cukup jarang terjadi dan pertumbuhannya cenderung lamban.

Selain pertumbuhan pada area mata, pinguecula dapat menyebabkan gangguan pada mata. Mata dapat terasa kering, mengganjal, iritasi, merah, dan bengkak. Jika pertumbuhan sudah sampai ke kornea hingga ke bagian pupil, penglihatan penderita juga dapat terganggu.

Pengobatan

Tidak semua kasus pinguecula memerlukan pengobatan. Biasanya kasus yang memerlukan pengobatan adalah ketika pinguecula sudah dirasa mengganggu penderita, menyebabkan keluhan mata, bahkan sampai mengganggu penglihatan penderitanya. Terkadang, tindakan juga dilakukan karena penderita merasa penampilannya menjadi terganggu.

Pada awalnya kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan obat tetes mata, untuk mengurangi mata merah dan iritasi. Jika masih dirasa mengganggu, penderita bisa meminta agar pinguecula dihilangkan dengan cara pembedahan.

Pencegahan

Beberapa tindakan yang diyakini dapat mencegah pinguecula antara lain:

  • menghindari paparan sinar matahari terlalu berlebihan. Jika memiliki hobi atau pekerjaan yang membuat Anda sering terpapar matahari, sebaiknya gunakan kacamata yang memiliki pelindung sinar matahari.
  • menggunakan air mata buatan/ obat tetes mata agar mata tidak kering.
  • Menghentikan kebiasaan merokok, karena hal ini dapat memperburuk gejala pinguecula