Sukses

Pengertian

Neurodermatitis, atau sering disebut juga dengan liken simpleks kronis, merupakan kondisi kelainan kulit yang memiliki gejala utama berupa gatal. Keluhan ini lebih sering muncul bila penderitanya sedang mengalami gejolak emosi yang tidak stabil, stres, atau cemas.

Penyebab

Penyebab neurodermatitis belum diketahui dengan pasti. Namun faktor psikologis sangat berperan pada terjadinya penyakit ini. Orang yang cenderung tidak tahan terhadap stres atau mengalami stres yang berat, lebih rentan mengalami gangguan ini.

Selain itu, ada kondisi lain yang menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami neurodermatitis, yaitu:

  • Memiliki riwayat penyakit kulit seperti eksema (dermatitis atopik), psoriasis, atau dermatitis kontak.
  • Gangguan psikiatri seperti gangguan cemas menyeluruh atau gangguan obsesif kompulsif.
  • Memiliki riwayat cedera saraf
  • Gigitan serangga
  • Kebiasaan menggunakan pakaian ketat, terutama dari bahan wol, rayon, atau polyester.
  • Kulit kering
  • Orang yang mudah berkeringat

Diagnosis

Untuk memastikan diagnosis neurodermatitis, umumnya tidak diperlukan pemeriksaan tambahan. Cukup dengan wawancara lengkap dan pemeriksaan menyeluruh, khususnya pada kulit pasien, biasanya dokter sudah dapat memastikan ada tidaknya neurodermatitis.

Dokter biasanya akan menanyakan hal-hal berikut ini:

  • Sejak kapan gatal terjadi?
  • Apakah gatal terjadi terus menerus atau terjadi hilang timbul?
  • Apa yang biasanya dilakukan untuk mengurangi gatal?

Pemeriksaan tambahan baru akan dilakukan apabila dokter menduga terjadi infeksi bakteri pada kulit yang mengalami neurodermatitis. Dokter akan melakukan pemeriksaan usapan kulit dan melihatnya di bawah mikroskop untuk memastikan ada tidaknya infeksi bakteri.

Gejala

Gejala utama neurodermatitis adalah gatal di kulit. Keluhan gatal ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, namun yang paling sering adalah di lengan, tungkai bawah, dan di tengkuk. Tak jarang, keluhan gatal juga terjadi di sekitar anus atau di sekitar penis dan vagina.

Hal yang khas dari neurodermatitis adalah keluhan gatal lebih dirasakan saat penderitanya mengalami stres atau kecemasan. Kadang kala keluhan gatal juga dirasakan saat sedang beristirahat. Selain itu, gejala khas lainnya adalah semakin digaruk, maka kulit akan semakin gatal.

Awalnya, keluhan ini tak menunjukkan kelainan di kulit sama sekali. Namun lama kelamaan karena sering digaruk, maka bagian kulit yang sering digaruk akan menebal dan terlihat bersisik tebal.  Tak jarang, terjadi pula luka terbuka di bagian tersebut akibat garukan penderita itu sendiri.

Terkadang, gejala neurodermatitis mirip dengan eksema (dermatitis atopik) dan psoriasis. Hal yang membedakannya adalah:

  • Pada eksema, umumnya gatal terjadi di berbagai lokasi. Namun yang paling sering adalah di daerah-daerah lipatan (seperti lipat siku dan lutut). Sementara itu, pada neurodermatitis, gatal lebih sering terjadi di satu lokasi saja.
  • Pada psoriasis, kulit yang menebal biasanya juga terjadi di beberapa lokasi. Bila kulit sehat mengalami luka, maka kulit yang terluka tersebut akan menebal dan bersisik. Selain itu, sisik pada psoriasis berwarna keperakan. Hal-hal ini tidak terjadi pada neurodermatitis.

Pengobatan

Pengobatan neurodermatitis meliputi beberapa hal yaitu:

  • Larangan untuk menggaruk atau menggosok kulit yang gatal

Ini adalah pengobatan utama untuk neurodermatitis. Segatal apa pun, sebisa mungkin hindari menggaruk atau menggosok kulit yang gatal. Tindakan tersebut akan memicu rasa gatal muncul lebih parah lagi.

  • Kompres dingin

Penderita disarankan melakukan kompres pada bagian kulit yang bermasalah dengan es atau air dingin selama lima menit sebelum mengoleskan obat-obatan kulit lainnya. Tindakan ini akan membantu meningkatkan penyerapan obat yang dioleskan ke kulit.

  • Kortikosteroid dan antihistamin

Kortikosteroid dapat diberikan dalam bentuk salep atau suntikan, tergantung dari penilaian dokter kulit yang memberikan pengobatan. Obat ini berfungsi untuk mengurangi bengkak, gatal, dan kemerahan pada kulit. Antihistamin tablet juga dapat membantu mengurangi gatal.

  • Pelembap

Pelembap kulit sebaiknya juga digunakan untuk mencegah kulit kering. Hal ini penting karena kulit yang kering akan memicu rasa gatal lebih berat lagi.

  • Konsultasi

Selain pengobatan tersebut, mengatasi kecemasan dan stres sebagai bagian dari pengobatan juga merupakan hal yang sangat penting. Untuk mengatasi kecemasan dan stres, bila diperlukan, penderita neurodermatitis sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Umumnya psikiater bisa melakukan psikoterapi dan memberikan obat anti-cemas.

Pencegahan

Untuk mencegah neurodermatitis, orang yang rentan keluhan ini sangat dianjurkan untuk mengendalikan stres dengan manajemen stres yang lebih baik. Jika sudah terjadi kulit gatal akibat stres, hindari menggaruk atau menggosok kulit tersebut.