Sukses

Pengertian Mata Kering

Mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yang ditandai dengan ketidakstabilan produksi dari lapisan air mata. Seorang dengan mata kering akan mengeluh adanya sensasi gatal atau mata terasa seperti berpasir.

Dalam dunia medis, mata kering juga dikenal dengan istilah keratoconjunctivitis sicca, atau untuk lebih mudahnya bisa disebut sindrommata kering. Tingkat keparahan keluhan mata kering cukup bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Bahkan pada beberapa kasus, mata kering juga dapat disertai komplikasi.

Penyebab Mata Kering

Terdapat banyak penyebab mata kering, mulai dari gangguan yang didapat sejak lahir sampai gangguan yang didapat. Gangguan pada kelenjar lakrimal, kelenjar yang memproduksi air mata, dapat disebabkan oleh faktor usia, penurunan hormon androgen, penyakit peradangan sistemik, dan pembedahan yang mengenai nervus trigeminus.

Mata Kering

Diagnosis Mata Kering

Wawancara medis adalah langkah awal penentuan diagnosis mata kering. Keluhan pasien berupa mata terasa gatal, lelah, penglihatan kabur dan lengket adalah keluhan yang umum dirasakan pasien.

Selain ditunjang dari wawancara medis dan pemeriksaan fisik, terdapat beberapa pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis gangguan mata kering. Tes Schirmer adalah salah satu tes yang sering dilakukan untuk mendiagnosis keluhan mata kering. Tes ini bertujuan untuk menentukan apakah produksi air mata cukup untuk membasahi mata.

Gejala Mata Kering

Ada beberapa gejala atau tanda yang dapat dikenali saat seseorang mengalami keluhan mata kering, seperti:

  • Pasien dengan mata kering paling sering mengeluh sensasi gatal atau berpasir (benda asing)
  • Mata terasa kering, panas, merah, dan berair
  • Mata mudah terasa lelah
  • Mata terasa sakit
  • Mata terasa gatal

Pengobatan Mata Kering

Mata kering dapat ditangani dengan melakukan berbagai hal. Anda bisa melakukan pengompresan mata dengan air hangat selama 2 menit. Lakukan sebanyak 2–4 kali sehari. Kemudian bersihkan dengan sampoo bayi.

Air mata juga dapat digantikan dan distimulasi dengan cairan hipotonik khusus. Penggunaan obat penekan peradangan dan pembedahan dapat dilakukan pada kasus mata kering tertentu. Konsultasi dengan dokter mata diperlukan untuk kasus mata kering yang berat.

Pencegahan Mata Kering

Hindari lingkungan yang berasap dan berpolusi. Iritasi pada mata dapat menyebabkan keluhan mata kering menjadi lebih berat.