Sukses

Pengertian

Seiring dengan bertambahnya usia, akan timbul bercak hitam atau kecokelatan pada kulit setiap orang. Bercak tersebut lebih sering muncul di area yang terekspos sinar matahari –seperti pada wajah dan punggung tangan. Kondisi ini disebut lentigo atau liver spots.

Lentigo dapat membesar dengan sangat perlahan, seiring dengan bertambahnya usia. Bercak ini juga dapat timbul secara tiba-tiba. Lentigines adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan terdapatnya bercak multipel.

Terdapat beberapa tipe lentigo, yang bergantung dari penyebab dan area timbulnya bercak tersebut pada tubuh:

  • Lentigo simpleks merupakan jenis yang paling sering ditemui. Bintik tersebut dapat timbul pada badan, lengan, dan tungkai. Lentigo simpleks sering kali mulai ditemui pada saat lahir atau masa kanak-kanak, dan dapat hilang seiring dengan berjalannya waktu.
  • Lentigo solar disebabkan oleh paparan terhadap radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Tipe ini lebih sering ditemui pada orang yang berusia di atas 40 tahun. Meski demikian, jenis ini juga dapat dialami oleh orang yang berusia lebih muda.

Kondisi ini terjadi pada saat radiasi ultraviolet menyebabkan sel berpigmen yang disebut melanosit untuk berlipat ganda. Lentigo solar dapat timbul pada area-area yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, punggung, dan lengan.

Bercak pada lentigo solar dapat membesar seiring dengan berjalannya waktu. Lentigo solar terkadang juga disebut sebagai age spots.

  • Lentigo ink-spot dapat timbul setelah kulit terpapar sinar matahari, terutama pada individu yang memiliki kulit berpigmen muda.
  • Lentigo radiasi dapat timbul pada area kulit yang telah terekspos radiasi. Misalnya untuk penanganan kanker jenis tertentu.

Penyebab

Paparan terhadap radiasi ultraviolet dapat menyebabkan lentigo. Seseorang memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami kondisi ini apabila:

  • Memiliki kulit yang berwarna tidak gelap
  • Sering terpapar sinar matahari
  • Menggunakan tanning bed
  • Pernah menjalani fototerapi atau terapi radiasi
  • Mengalami sindrom tertentu yang diturunkan

Gejala

Lentigo dapat menyebabkan timbulnya bercak rata pada kulit. Bercak tersebut umumnya berwarna hitam atau kecokelatan, dengan tepi yang melingkar atau tidak rata.

Lentigo dapat timbul pada area-area tubuh yang berbeda, bergantung dari penyebabnya. Namun, lentigo tidak gatal atau menyebabkan keluhan lainnya.

Diagnosis

Walaupun lentigo umumnya tidak mengancam nyawa, penting untuk memeriksa keluhan kulit apa pun yang dialami ke dokter guna dilakukan evaluasi lebih lanjut. Pada sebagian kasus, lentigo dapat sulit dibedakan dengan kanker kulit jenis melanoma.

Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis pada bercak yang timbul di kulit. Untuk memastikan bahwa bercak tersebut bukanlah kanker, bisa saja dibutuhkan pemeriksaan biopsi.

Pada pemeriksaan ini, dokter akan membekukan area kulit yang terlibat dan mengangkat sebagian kecil dari bercak tersebut. Jaringan yang diambil akan dikirimkan ke laboratorium untuk diperiksa lebih lanjut dan melihat adanya kanker atau kondisi kulit lainnya.

Penanganan

Penanganan pada lentigo dapat dilakukan dengan cara mempermuda atau mengangkatnya guna menunjang estetika. Beberapa jenis penanganan yang dapat dilakukan adalah:

  • Penggunaan pengobatan tertentu
  • Peeling dengan bahan kimia
  • Terapi laser atau intense pulse light
  • Bedah beku

Pencegahan

Guna mencegah lentigo, disarankan untuk menghindari paparan terhadap sinar matahari, terutama pada saat puncak sinar matahari di antara pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Saat hendak ke tempat terbuka yang berada di bawah sinar matahari, disarankan untuk menggunakan tabir surya sesuai rekomendasi dokter. Selain itu, juga dapat menggunakan pakaian dan penutup kepala yang sesuai.