Sukses

Definisi Hemangioma

Hemangioma adalah tumor jinak pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah ‘tumbuh’ secara berlebihan pada lokasi tubuh tertentu. Hemangioma umumnya mulai terjadi sejak bayi.

Hemangioma paling sering terjadi di kulit. Namun demikian, organ lain di dalam tubuh juga bisa terkena, misalnya di hati, lambung, usus, bahkan di otak.

Penyebab Hemangioma

Hemangioma terjadi saat pembuluh darah ‘tumbuh’ berlebihan secara berkelompok sehingga muncul tumor yang terdiri dari banyak pembuluh darah yang menyatu.

Penyebabnya belum diketahui pasti, namun diduga kelainan genetik menjadi salah satunya penyebabnya. Hemangioma lebih sering dijumpai pada perempuan, bayi yang lahir prematur, dan orang kulit putih.

Diagnosis Hemangioma

Tidak ada pemeriksaan khusus yang perlu dilakukan untuk menentukan adanya hemangioma di kulit. Dokter umumnya dapat menentukannya dengan melakukan pemeriksaan terhadap bercak atau benjolan yang diduga hemangioma.

Namun untuk menentukan adanya hemangioma pada organ dalam, diperlukan pemeriksaan radiologi seperti USG, MRI, atau CT scan.

Hemangioma

Gejala Hemangioma

Hemangioma dapat ditemukan saat bayi lahir, namun lebih sering baru diketahui setelah bayi berusia beberapa bulan. Kelainan ini ditandai dengan bercak atau benjolan berwarna merah yang dapat terjadi di kulit mana saja, namun yang tersering adalah di wajah, kulit kepala, dada, dan punggung.

Umumnya hemangioma tidak menimbulkan keluhan apapun, namun pada beberapa kasus dapat pula hemangioma mudah berdarah atau terasa nyeri.

Hemangioma biasanya terlihat membesar pada tahun pertama kehidupan bayi, namun perlahan ukurannya menetap, bahkan dapat mengecil dan menghilang. Pada sebagian besar kasus hemangioma, kelainan tersebut hilang pada saat anak berusia 10 tahun.

Hemangioma yang terjadi pada organ dalam seperti lambung, hati, usus, otak, umumnya tidak menyebabkan keluhan apapun.

Pengobatan Hemangioma

Hemangioma yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala apapun tidak perlu diobati karena perlahan akan menghilang dengan sendirinya. Namun bila terdapat keluhan, misalnya nyeri, pengobatan yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  • Pemberian kortikosteroid: obat ini dapat menghentikan pertumbuhan hemangioma dan mengurangi peradangan yang ditimbulkan.
  • Beta blocker: krim beta blocker dapat mengecilkan hemangioma. Krim ini umumnya digunakan pada hemangioma yang mudah berdarah.
  • Laser atau operasi: pengobatan ini bertujuan untuk mengangkat hemangioma.

Pencegahan Hemangioma

Hingga saat ini belum ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya hemangioma.