Sukses

Pengertian

Bercak mongol merupakan bercak biru keabuan yang sering muncul pada kulit bayi. Bercak mongol adalah salah satu tanda lahir akibat pigmen atau zat warna kulit. Istilah medis untuk tanda lahir akibat pigmen adalah congenital dermal melanocytosis.

Bercak mongol biasanya timbul di daerah bokong atau punggung bawah. Selain itu, bercak ini juga dapat muncul di daerah bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki.

Bercak mongol biasanya sudah ada saat lahir atau baru muncul pada minggu pertama kehidupan sang bayi. Bercak mongol akan hilang seiring bertambahnya usia sekitar 4 atau 5 tahun. Namun, ada beberapa kasus di mana bercak mongol menetap hingga dewasa dan menjadi tanda lahir.

Kondisi ini tidak memerlukan pengobatan khusus karena bercak mongol bukanlah bercak kanker yang dapat membahayakan. Meski demikian, pada sejumlah kecil kasus, bercak mongol berhubungan dengan penyakit metabolik jarang. Beberapa di antaranya adalah penyakit Hurler, sindrom Hunter, penyakit Niemann-Pick, mucolipidosis dan mannosidosis. Penyakit metabolik tersebut biasanya terjadi pada bayi yang memiliki bercak Mongol besar dan tersebar pada tubuh di luar area bokong dan punggung bawah.

Penyebab

Bercak mongol terjadi akibat pigmen terjebak pada kulit bagian dalam ketika perkembangan janin di dalam kandungan. Ketika pigmen tersebut tidak mencapai permukaan kulit menyebabkan warna keabuan, kehijauan, biru atau hitam. Namun, penyebab pigmen tersebut terjebak masih tidak diketahui.

Beberapa kelompok orang akan lebih berisiko mengalami bercak mongol –seperti orang dengan kulit lebih gelap yaitu Asia, Hispanik, Amerika, Afrika dan India Timur. Bercak mongol juga terjadi sama banyak jumlahnya baik pada anak laki-laki maupun perempuan. Bercak mongol sering muncul pada bokong dan punggung bawah.

Diagnosis

Dokter dapat menentukan diagnosis bercak mongol dari anamnesis dan pemeriksaan fisik. Bercak mongol terjadi sejak lahir atau pada usia satu minggu.

Bercak mongol datar dan berwarna khas. Dokter harus mencatat adanya bercak mongol sejak lahir atau pada usia satu minggu untuk membedakan bercak tanda lahir atau lebam akibat cedera atau kekerasan. Bercak mongol juga harus dimonitor ketika melakukan pemeriksaan rutin pada bayi, agar dapat dipantau kapan hilangnya seiring dengan anak bertambah usia.

Gejala

Bercak mongol tampak seperti lebam. Namun, pada lebam akan timbul rasa nyeri. Begitu juga bila bercak merupakan hasil dari cedera.

Bercak mongol adalah bercak datar yang berwarna keabuan, kehijauan, biru atau hitam. Bercak mongol khas berada pada bokong atau punggung bawah. Bercak mongol juga dapat terjadi area tubuh lain seperti tangan dan kaki. Bercak mongol tidak memberikan gejala lain seperti nyeri.

Pengobatan

Tidak perlu dilakukan pengobatan secara khusus terhadap bercak Mongol. Bercak mongol pada dasarnya tidak memberikan gejala nyeri atau menyebabkan masalah pada kulit.

Bercak mongol juga biasanya terdapat pada bokong atau punggung bawah, sehingga tidak menimbulkan masalah estetika. Bercak ini biasanya hilang seiring dengan bertambahnya usia.

Pada kasus bercak mongol yang menetap hingga dewasa, terdapat cara untuk menghilangkannya. Untuk itu bisa dilakukan dengan terapi laser. Terapi laser dapat memberikan efek samping kulit yang lebih gelap. Terapi dengan krim pemutih sebagai kombinasi terapi laser bisa membantu memberikan hasil yang baik.

Pencegahan

Bercak mongol tidak dapat dicegah karena hingga saat ini penyebab mengapa tidak semua bayi terkena belum diketahui.