Sukses

Gejala Gangguan Kejiwaan

Info penanya: Wanita, 19 Tahun

Hai dok, beberapa tahun terakhir saya mengalami stress dan tekanan batin yg cukup berat baik dari lingkungan sosial maupun keluarga sehingga menyebabkan saya mengalami depresi. Karena tidak ada yang mensupport, saya memutuskan untuk menyimpan semua kekecewaan saya dalam hati dan tidak menceritakan apapun kepada org lain. Yang paling mempengaruhi saya adalah tekanan dari keluarga yang sudah saya rasakan sejak kecil. Ada harga yang harus dibayar sejak saya membebaskan diri dari depresi tadi, saya menjadi tidak mampu berempati dengan manusia. Kemudian, sudah hampir setahun ini rambut saya mulai rontok setiap harinya, disertai berat badan yang semakin menurun dan juga amnesia. Berat badan saya menurun drastis dari 47kg menjadi 41kg dalam kurun waktu hampir dua tahun. Dan mengenai amnesia tadi, akhir-akhir ini saya sering lupa dengan apa yang saya lakukan. Siapa yang tadi berbicara dengan saya. Puncaknya hari ini, saya hampir melupakan orangtua saya sendiri. Apakah saya mengalami gangguan kejiwaan dok?

Hilang ingatan setelah kecelakaan

Info penanya: Wanita, 18 Tahun

Dok, saya mau tanya. Saya mengalami kecelakaan sekitar satu tahun yang lalu, dulu setelah kejadian itu penglihatan saya sempat buram beberapa saat, rasanya seperti melihat TV yang buram, Dok. Namun itu hanya sebentar, lalu penglihatan saya kembali jelas. Dokter yang memeriksa saya mengatakan hal itu biasa terjadi setelah kecelakaan. Kepala saya juga terbentur lumayan keras, Dok. Dan saya baru menyadari sekarang kalau ingatan saya di masa lalu seperti hilang. Saya mulai sadar ketika berbincang dengan teman saya, dan kami bercerita tentang masa lalu. Mungkin ini terdengar wajar, bahwa setiap orang bisa melupakan masa lalunya. Tapi dok, sebelum kecelakaan saya yakin saya masih mengingatnya, namun setelahnya saya benar-benar lupa. Yang saya lupakan seperti nama-nama guru SMP dan SD saya, bahkan tempat-tempat tertentu saya lupa, saya juga melupakan materi yang telah saya pelajari di sekolah. Dan sejak kejadian itu, saya jadi mudah lupa hal-hal yang baru saja saya lakukan. Yang saya tanyakan, hal itu wajar terjadi atau tidak ya dok? Dan bagaimana cara mengatasi perilaku saya sekarang yang mudah lupa ini dok? Terima kasih.

Pertanyaan - #259557

Info penanya: Wanita, 21 Tahun

Dok saya gk tau ini termasuk ke dalam psikiatri atau tidak. Tapi, saya punya teman dia punya masalah dengan ingatannya. Jadi dia ini dulu abis tinggal di luar negri ada kecelakaan parah. Sebelum kecelakaan itu dia sempat mencari temannya yg hilang, tpi belum ketemu dia ada kecelakaan parah sampai sempat koma 1 bln. Setelah bangun itu dia tetap cari temannya tapi yg dicari beda org. Yg dia ingat temannya itu malah org asing yg satupun dri kita gk ada yg tau. Dia yakin banget temennya itu org itu. Pas tmennya yg hilang itu balik (org yg sesungguhnya) dia malah gk kenal sama sekali. Dan ngotot bukan dia yg dia cari selama ini. Itu dia kenapa ya dok? Apa nama penyakitnya?