Sukses

Pengertian Valcyte

Valcyte merupakan salah satu Sediaan Tablet yang mengandung Valganciclovir atau Ganciclovir, obat ini diproduksi oleh Boehringer Ingelheim. Valcyte adalah obat antivirus yang digunakan untuk mengobati infeksi cytomegalovirus (CMV) (virus yang membawa herpes, virus Epstein-Barr, dan varicella zoster) , profilaksis (pencegahan) infeksi sitomegaloviral pada pasien yang mengalami gangguan sistem imun.

Penggunaan Obat ini Harus dikonsultasikan dengan Dokter.

Keterangan Valcyte

  • Golongan : Obat Keras.
  • Kelas Terapi : Antivirus.
  • Kandungan : Valganciclovir HCl 340 mg.
  • Bentuk : Tablet.
  • Satuan Penjualan : Botol.
  • Kemasan : Botol 60 Tablet.
  • Farmasi : Boehringer Ingelheim.

Kegunaan Valcyte

Valcyte Tablet digunkan untuk mengobati infeksi cytomegalovirus (CMV), profilaksis (pencegahan) infeksi sitomegaloviral pada pasien yang mengalami gangguan sistem imun.

Dosis & Cara Penggunaan Valcyte

Dosis dan Cara Penggunaan Valcyte Tablet, harus dengan Anjuran dan Resep Dokter:

Retinitis CMV (sitomegalovirus)
Dewasa: Sebagai dosis pemeliharaan setelah dosis induksi IV: 1 g 3 x sehari. Atau, 500 mg 6 kali sehari (kira-kira 3 jam setalah bangun).

Pencegahan infeksi sitomegaloviral pada pasien yang mengalami gangguan sistem imun
Dewasa: 1 g, tiga kali sehari.

Efek Samping Valcyte

Efek Samping:
Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Valcyte Tablet , yaitu:
1. Nyeri perut
2. Anemia atau kekurangan sel darah merah
3. Diare
4. Demam
5. Neuropati perifer (gangguan yang terjadi akibat kerusakan pada sistem saraf tepi)
6. Sakit kepala
7. Insomnia
8. Mual
9. Muntah

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Valcyte pada pasien yang memiliki indikasi:
Hipersensitif atau reaksi alergi terhadap gansiklovir atau valgansiklovir dan antivirus lain (Asiklovir, valasiklovir).

Interaksi Obat:
Berikut adalah beberapa Interaksi obat yang umumnya terjadi saat penggunaan Valcyte Tablet:
1. Peningkatan risiko toksisitas hematologis pada pemberian Azitromicin.
2. Dapat meningkatkan kadar serum.
3. Peningkatan konsentrasi serum jika di berikan bersamaan dengan probenesid dan obat lain yang menghambat sekresi tubular ginjal dan resorpsi.
4. Penggunaan IV gansiklovir jika di berikan bersamaan dengan mikofenolat mofetil oral dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi plasma dari kedua obat karena persaingan untuk sekresi tubular ginjal.
5. Penggunaan bersamaan dengan agen imunosupresif (.Azathioprine, ciclosporin, corticosteroids) dapat menyebabkan penekanan berlebihan pada sumsum tulang atau sistem kekebalan tubuh.
6. Kejang umum dapat terjadi ketika diberika bersamaan dengan imipenem dan cilastatin.
7. Penggunaan bersamaan dengan obat yang menghambat replikasi sel yang membelah dengan cepat (Dapson, pentamidin, pirimetamin, flusitosin, agen antineoplastik sitotoksik, amfoterisin B, kotrimoksazol, analog nukleosida lainnya) dapat menyebabkan toksisitas aditif.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Valcyte Tablet ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin. Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Valcyte Tablet selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.

Artikel
    Penyakit Terkait