Sukses

Pengertian Triptagic

Triptagic merupakan obat kaplet salut selaput yang di produksi oleh Tempo Scan Pacific Tbk. Obat ini mengandung Sumatriptan succinate yang diindikasikan untuk mengobati migrain. Mekanisme kerja obat ini adalah bekerja pada reseptor 5-HT1. Ini menyebabkan vasokonstriksi arteri kranial dan / atau penghambatan proses inflamasi neurogenik di sistem saraf pusat. Penundaan pengosongan lambung yang kecil namun signifikan juga terjadi.

Keterangan Triptagic

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Sediaan Antimigrain
  • Kandungan : Sumatriptan succinate 100 mg
  • Bentuk : Kaplet Salut Selaput
  • Satuan Penjualan: Alustrip
  • Kemasan: Alustrip @ 10 Kaplet Salut Selaput
  • Farmasi: Tempo Scan Pacific Tbk

Kegunaan Triptagic

Triptagic diindikasikan untuk mengobati migrain.

Dosis & Cara Penggunaan Triptagic

Triptagic merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan Triptagic juga harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Dewasa Usia > 18 tahun: 50-100 mg diulangi dalam interval 2 jam jika migrain berulang. Maksimal: 300 mg / 24 jam.

Efek Samping Triptagic

Efek samping mungkin terjadi selama penggunaan Triptagic adalah hipertensi transien, hipotensi, pusing, memerah, lelah, kantuk, lemah, kejang, mual dan muntah, panas, sesak di bagian tubuh mana pun, kesemutan, kejang, reaksi di tempat suntikan, iritasi mukosa hidung dan epistaksis. Rebound sakit kepala jika sering digunakan.
Berpotensi fatal: Cardiac arrhythmias (suatu tanda atau gejala dari gangguan detak jantung), serangan jantung.

Kontraindikasi:
Tidak digunakan untuk pencegahan dan pada pasien dengan migrain basilar atau hemiplegia atau opthalmoplegik. Riwayat infark miokard atau stroke, gangguan hati berat, penyakit jantung iskemik, hipertensi yang tidak terkontrol, penyakit pembuluh darah perifer, hipersensitif terhadap sulfonamid.

Interaksi Obat:
Penggunaan bersamaan meningkatkan risiko reaksi vasospastik dengan ergotamine dan senyawa terkait.
Berpotensi Fatal: Peningkatan risiko sindrom serotonin dengan penggunaan SSRI, MAOI bersamaan atau dalam 14 hari setelah penghentian MAOI. Admin ergotamin atau senyawa terkait dalam 24 jam sebelumnya.

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Triptagic ke dalam Kategori C:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Artikel
    Penyakit Terkait