Sukses

Pengertian Trichol

Trichol adalah obat yang mengandung Fenofibrate micronized. Trichol diindikasikan mengobati untuk hiperkolesterolemia tipe IIA , hipertrigliseridemia tipe IV, hiperlipidemia campuran tipe IIB dan tipe III. Mekanisme kerja obat ini mengurangi trigliserida plasma total dengan aktivasi reseptor-aktivasi-proliferator peroksisom-α (PPAR-α) dan lipoprotein lipase, sehingga menyebabkan berkurangnya produksi apoprotein CIII, dan peningkatan sintesis apoprotein AI dan AII, dan protein transpor asam lemak. Dengan demikian, menghasilkan katabolisme VLDL yang meningkat, oksidasi asam lemak, dan penghilangan partikel kaya trigliserida aterogenik; sebagai akibat dari penurunan VLDL dan LDL dan peningkatan level HDL.

Keterangan Trichol

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Agen Dislipidemik
  • Kandungan: Fenofibrate micronized 300 mg
  • Bentuk: Kapsul 
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Box, 3 Strip @ 10 Kapsul
  • Farmasi: Galenium Pharmasia Lab.

Kegunaan Trichol

Trichol diindikasikan mengobati untuk hiperkolesterolemia tipe IIA , hipertrigliseridemia tipe IV, hiperlipidemia campuran tipe IIB dan tipe III .

Dosis & Cara Penggunaan Trichol

Trichol merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras, harus digunakan berdasarkan resep dokter. Aturan penggunaannya secara umum adalah 1 x sehari 1 kapsul. Harus diminum bersamaan dengan makanan.

Cara Penyimpanan
Simpan pada suhu di bawah 30 derajat Celcius.

Efek Samping Trichol

Efek samping mungkin terjadi selama penggunaan Trichol adalah gangguan saluran pencernaan, sakit kepala, nyeri otot, peningkatan transaminase sementara, reaksi alergi pada kulit, kelelahan, vertigo.

Kontraindikasi
Tidak boleh diberikan pada pasien yang hipersensitif, penderita disfungsi hati dan ginjal yang parah, penyakit kandung empedu, tidak boleh diberikan pada wanita hamil dan menyusui.

Interaksi Obat
Trichol akan berinteraksi jika digunakan bersamaan dengan agen hepatotoksik, obat depsresan golongan MAOI. Dapat mempotensiasi aksi antikoagulan dan hipoglikemik oral.

Kategori Kehamilan
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Trichol ke dalam Kategori C:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Artikel
    Penyakit Terkait