Sukses

Pengertian Protos

Protos merupakan obat yang diproduksi oleh Les Laboratories Servier. Obat ini mengandung Strontium ranelate yang diindikasikan untuk Osteoporosis/kepadatan tulang menurun pascamenopause. Mekanisme kerja obat ini adalah merangsang pembentukan tulang, replikasi prekursor osteoblas dan sintesis kolagen. Mengurangi diferensiasi osteoklas dan aktivitas penyerapan, mengurangi resorpsi tulang yang menghasilkan penyeimbangan kembali pergantian tulang yang mendukung pembentukan tulang.

Keterangan Protos

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Agen yang Mempengaruhi Metabolisme Tulang
  • Kandungan: Strontium ranelate
  • Bentuk: Granul
  • Satuan Penjualan: Sachet
  • Kemasan: Box, 28 Sachet @ 2 gram
  • Farmasi: Les Laboratories Servier.

Kegunaan Protos

Protos diindikasikan untuk Osteoporosis/kepadatan tulang menurun pascamenopause.

Dosis & Cara Penggunaan Protos

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter.

Dewasa: 2 gram setiap hari.
Lansia: Tidak perlu penyesuaian dosis.

Efek Samping Protos

Efek Samping yang mungkin terjadi adalah:
Sakit kepala, gangguan saluran pencernaan, eksim, dermatitis (peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit memerah dan gatal); kehilangan ingatan, gangguan kesadaran, kejang, pireksia, edema perifer, kebingungan, angioedema (pembengkakan di bawah kulit), ruam, urtikaria (biduran), pruritus (gatal). Peningkatan sementara aktivitas kreatin kinase (reversibel).

Kontraindikasi:
Pasien dengan tromboemboli vena atau riwayat termasuk trombosis vena dalam dan emboli paru; imobilisasi sementara atau permanen karena pemulihan pasca bedah atau istirahat di tempat tidur yang lama; saat ini atau riwayat penyakit jantung iskemik, penyakit arteri perifer, dan / atau penyakit serebrovaskular; hipertensi tidak terkontrol. Laktasi.

Interaksi Obat:
Dapat mengurangi penyerapan tetrasiklin dan antibiotik kuinolon. Produk obat yang mengandung Ca dapat mengurangi ketersediaan strontium ranelate didalam tubuh.

Artikel
    Penyakit Terkait