Sukses

Pengertian Pionix M 850 mg Tablet

Pionix M 850 mg Tablet merupakan kombinasi obat yang mengandung pioglitazone dan metformin yang digunakan bersama dengan program diet dan latihan yang tepat untuk mengontrol gula darah tinggi pada Individu dengan diabetes melitus tipe 2. Dengan mengontrol gula darah tinggi dapat membantu mencegah dan mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh (amputasi) dan masalah fungsi seksual.
Pengontrolan yang tepat pada individu dengan diabetes melitus tipe 2 juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Pioglitazone bekerja dengan membantu untuk mengembalikan respon tubuh Anda terhadap insulin, sehingga dapat menurunkan gula darah Anda. Sedangkan metformin bekerja dengan cara menghambat proses glukoneogenesis dan glikogenolisis (proses metabolisme), memperlambat penyerapan glukosa pada usus, serta meningkatkan sensitifitas insulin dalam tubuh.

Keterangan Pionix M 850 mg Tablet

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Antidiabetik.
  • Kandungan: Pioglitazone hydrocloride 15 mg dan Metformin hydrocloride 850 mg.
  • Bentuk: Tablet.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @ 10 tablet.
  • Farmasi: Dankos Farma.

Kegunaan Pionix M 850 mg Tablet

Pionix M 850 mg Tablet diindikasikan sebagai terapi penunjang tambahan pada pengaturan makanan dan latihan fisik untuk memperbaiki kontrol glukosa pada pasien DM tipe 2 yang kadar gula darahnya tidak terkontrol dengan adekuat dengan metformin HCl monoterapi atau pioglitazone monoterapi, atau bagi yang telah mendapatkan terapi kombinasi pioglitazone dan metformin HCl, dalam tablet terpisah.

Dosis & Cara Penggunaan Pionix M 850 mg Tablet

Dosis awal Pionix M 850mg Tablet harus disesuaikan berdasarkan dosis pioglitazone dan/atau metformin yang sedang diterima pasien. Dosis awal untuk pasien yang tidak terkontrol secara memadai dengan terapi metformin atau pioglitazone monoterapi. Pemberian Pionix M 850 mg Tablet dapat dimulai dengan kekuatan dosis 15 mg/500 mg atau 15 mg/850 mg, sekali atau dua kali sehari, dan dititrasi secara bertahap setelah menilai respon terapeutik yang memadai. Dosis awal untuk pasien yang beralih dari terapi kombinasi pioglitazone plus metformin sebagai tablet terpisah. Pemberian Pionix M 850 mg Tablet dapat dimulai dengan tablet 15mg/500mg atau 15 mg/850 mg berdasarkan dosis pioglitazone dan metformin yang sedang diterima pasien. Dosis harian maksimum yang direkomendasikan adalah 2.550 mg pada pasien dewasa atau 3 tablet (15/850 mg).

Efek Samping Pionix M 850 mg Tablet

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Pionix M 850 mg Tablet antara lain diare, mual, edema, sakit kepala, pusing, peningkatan berat badan, anemia, infeksi saluran nafas dan saluran kemih.

Artikel
    Penyakit Terkait