Sukses

Pengertian Neukine

Neukine merupakan sediaan obat dalam bentuk injeksi yang diproduksi oleh Sanbe Farma. Neukine adalah obat yang digunakan untuk merangsang sistem darah putih (sumsum tulang) serta membantu melawan infeksi. Neukine Injeksi diindikasikan untuk perawatan risiko infeksi pada pasien yang mendapatkan kemoterapi, Neutropenia idiopatik, Infeksi hiv, rendahnya tingkat neutrofil, Transplantasi sumsum tulang dan kondisi lainnya. Neukine mengandung zat aktif Filgrastim.

Keterangan Neukine

  • Golongan : Obat Keras
  • Kelas Terapi : Agen Hematopoietik / Terapi Perawatan Pendukung
  • Kandungan : Filgrastim 500 mg
  • Bentuk : Kapsul 
  • Satuan Penjualan : Pre-Filled Syringe
  • Kemasan : Dus, 1 Pre-Filled Syringe @ 1 ml
  • Farmasi : Sanbe Farma

Kegunaan Neukine

Neukine adalah obat yang digunakan untuk merangsang sistem darah putih (sumsum tulang) serta membantu melawan infeksi. Neukine Injeksi diindikasikan untuk perawatan risiko infeksi pada pasien yang mendapatkan kemoterapi, Neutropenia idiopatik, Infeksi hiv, rendahnya tingkat neutrofil, Transplantasi sumsum tulang dan kondisi lainnya

Dosis & Cara Penggunaan Neukine

Neukine merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan Neukine juga harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita. Penggunaan neukine injeksi harus dibantu oleh tenaga ahli medis.

Dosis awal yang disarankan: 5 mcg / kg per hari SC bolus atau infus intravena pendek atau dengan infus subkutan atau intravena kontinu. Sebaiknya tidak digunakan Pasien kanker yang menerima transplantasi sumsum tulang, Pengumpulan dan terapi sel progenitor darah tepi pada pasien kanker 10 mcg / kg per hari.

Efek Samping Neukine

Nyeri tulang meduler, mual / muntah, nyeri tulang, diare, demam neutropenia, mucositis, kelelahan, gangguan makan (anoreksia), sesak nafas (dispnea), sakit kepala, batuk, ruam kulit, nyeri dada, stomatitis, konstipasi, nyeri (tidak spesifik), dan peningkatan reversibel dalam urat asam, enzim dehidrogenase laktat, alkali fosfatase.

Kontraindikasi :

  1. Hipersensitivitas (reaksi berlebih atau sangat sensitif) terhadap produk turunan protein E. fili, filgrastim.
  2. Hindari penggunaan simultan dengan atau terapi kemoterapi dan radiasi. Lakukan Complete Blood Count (CBC) dua kali seminggu selama terapi.
  3. Kehamilan dan laktasi.


Interaksi Obat :

Lithium dapat mempotensiasi pelepasan neutrofil.

Kategori Kehamilan :
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Neukine ke dalam Kategori C:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Artikel
    Penyakit Terkait